Kebakaran di California, Api Raksasa Terlihat di Citra Satelit

DataMedan,-Ribuan orang yang tinggal di California terpaksa meninggalkan rumah mereka setelah sejumlah kebakaran hutan melanda Los Angeles. Enam kebakaran berskala raksasa, serta jilatan api yang relatif lebih kecil lainnya, mulai merambah ke sejumlah wilayah sejak Senin (04/12) lalu. Sekitar 500 bangunan telah hancur.

Citra satelit yang diambil pada 5 Desember memperlihatkan bagaimana kebakaran dapat terjadi – didorong oleh cuaca ekstrim, termasuk kelembaban rendah, angin kencang dan tanah yang kerontang.

Sekitar 5.700 petugas pemadam kebakaran telah terlibat untuk memadamkan api, dan pejabat setempat mengatakan, Kamis (07/12), banyak tawaran bantuan dari sejumlah negara-negara tetangga.
Hak atas foto Copernicus Sentinel

Kebakaran paling besar di mana?

Kebakaran – disebut Thomas fire – di kawasan desa Ventura di sebelah utara Los Angeles tetap merupakan titik api terbesar dan telah menyebar hingga kawasan pesisir pantai Pasifik.Jilatan api telah melahap kawasan seluas 466km persegi sejak kemunculannya pada Senin, dan menghancurkan lebih dari 430 bangunan gedung, kata petugas pemadam kebakaran.

Creek Fire

Kebakaran lainnya melanda kawasan utara Los Angeles, yang disebut Creek Fire. Dan menurut pejabat setempat, 20% wilayah yang dilahap api sudah berhasil dipadamkan dengan cakupan sekitar 15.323 hektar.

Rye Fire

Si jago merah di kawasan barat laut Los Angeles, persisnya di dekat Santa Clara, yang disebut Rye Fire, mengancam lebih dari 5.000 rumah dan bangunan lainnya.Kebakaran di wilayah ini telah membumihanguskan ribuan hektar hutan dan memicu pengungsian besar-besaran warga setempat dari rumahnya.Otoritas pemadam kebakaran setempat mengatakan saat ini kebakaran di wilayah itu sudah berhasil dipadamkan 25%.

Skirball Fire

Di kawasan perumahan orang kaya di Bell Air, Los Angeles, petugas pemadam kebakaran terlihat memindahkan lusinan karya seni dari rumah mewah pada Rabu (06/12) saat Skirball Fire – julukan untuk lidah api di wilayah itu – mengamuk.Amukan api yang telah menghanguskan lebih dari 475 hektar telah memaksa ratusan orang yang tinggal di kawasan hutan di perbukitan untuk mengungsi.

Lilac Fire

Di sebelah utara San Diego, kebakaran yang disebut Lilac Fire telah menyebar dari 10 hektar menjadi 4.100 hektar hanya dalam beberapa jam.Amuk api ini telah menghancurkan 20 bangunan dan melahirkan aksi pengungsian yang membuat jalan protokol sempat macet total.
Hak atas foto Reuters

Seorang fotografer kantor berita Reuters menggambarkan ledakan tabung gas yang ditanam di bawah rumah meledak dan terdengar seperti ledakan bom.Otoritas California telah mengeluarkan peringatan Ungu – peringatan tingkat tertinggi – di tengah situasi apa yang disebutnya “cuaca ekstrim yang menyebabkan kebakaran hebat”.

Angin yang berhembus kencang dari kawasan gurun pasir Santa Ana ikut berperan membuat api gampang menyebar kemana-mana.

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan