Kepling Dituntut Mampu Minimalisir Peredaran Narkoba

DataMedan,-Keberadaan Kepala lingkungan (Kepling) di kota Medan dituntut punya peran penting menciptakan suasana kondusif dan mengatasi penyakit masyarakat. Kepling ke depan kiranya memiliki sosok berani dan tegas memberantas narkoba serta tindak kejahatan lainnya yang saat ini sangat meresahkan masyarakat kota Medan.

Penilaian ini disampaikan Ketua Komisi A DPRD Medan Andi Lumbangaol SH kepada wartawan di Medan, Rabu (17/1/2018). Andi mengatakan, sosok Kepling ke depan harus siap dan mampu mengemban tugas yang semakin berat.

“Ingat, jika menjadi Kepling itu harus didasari pengabdian. Jangan jadi kepling jika tidak ada jiwa pengabdian, ” tegas Andi Lumbangaol selaku politisi Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) ini.

Ditambahkan Andi Lumbangaol yang juga sekretaris Dewan Pimpinan Kota (DPK) PKPI Kota Medan ini, untuk menjadi Kepling itu tidak boleh terlibat narkoba, mampu mengantisipasi masalah narkoba di lingkungannya dan selanjutnyal bertindak melaporkan ke Polisi. “Langkah itu harus dimiliki para Kepling dalam hal meminimalisir peredaran narkoba,” ujar Andi.

Menurut Andi, banyak hal yang dimungkinkan dapat dilakukan Kepling untuk meminimalisir maraknya narkoba, seperti memaksimalkan kegiatan olahraga dan gotong royong. Untuk itu kedepan, Camat dan Lurah diharapkan melakukan seleksi yang ketat soal pengangkatan Kepling.

Selain itu, Andi juga meminta Pemerintah Kota (Pemko) Medan supaya segera merealisasikan pembentukan Pos sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di setiap lingkungan. Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin agar mengintruksikan kepada semua Lurah dan Kepling membentuk pos dan ronda malam yang melibatkan Kepolisian dan tokoh masyarakat.

Keberadaan Pos Siskamling diharapkan dapat difungsikan pos memantau aksi kejahatan di lingkungan yang marak marak perampokan, begal dan pencurian. “Pembentukan pos siskamling harus disikapi serius dan menjadi prioritas, ” harap Andi.

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan