Man City Resmikan Laporte Sebagai Bek Termahal Dalam Sejarah Klub

DataMedan,-Manchester City menyelesaikan transfer pemain belakang Aymeric Laporte dari klub Spanyol, Athletic Bilbao. The Citizens menebus klausul pelepasan pemain 23 tahun tersebut senilai 65 juta euro (sekitar Rp 1,083 triliun).

Jumlah transfer itu membuat Laporte sebagai bek termahal dalam sejarah klub. Dia juga tercatat sebagai pemain belakang termahal kedua di dunia, di belakang bek Liverpool, Virgil van Dijk, yang ditebus dari Southampton dengan harga 85 juta euro (sekitar Rp 1,417 triliun).

Laporte menjadi pembelian keenam Man City sepanjang musim 2017-2018. Jebolan tim junior Bilbao ini, yang akan mengenakan nomor punggung 14, menandatangani kontrak berdurasi lima tahun yang membuatnya tetap di Stadion Etihad hingga Juni 2023.

“Pada 29 Januari 2018, Liga Sepak Bola Spanyol (LFP) sudah memberi sertifikasi kepada klub kami bahwa pemain Aymeric Laporte telah mengakhiri kontrak dengan Athletic Club. Pemain tersebut telah menyatakan keinginannya untuk mengakhiri kontrak secara sepihak yang dimulai pada 2009-10 dan telah menyetorkan biaya kompensasi yang ditetapkan di dalam kontraknya,” demikian pernyataan resmi Bilbao pada Selasa (30/1/2018). “Athletic ingin berterima kasih kepada pemain atas kontribusinya selama ini untuk klub.”

Dengan peresmian ini, Laporte sudah bisa memperkuat Man City dalam pertandingan terdekat. Ada kemungkinan pemain asal Prancis itu masuk skuad saat menjamu West Bromwich Albion dalam lanjutan Liga Inggris, Rabu (31/1) atau Kamis dini hari WIB.

Laporte mengawali kariernya bersama tim senior Bilbao pada Desember 2012. Bersama klub yang bermarkas di San Mames tersebut, Laporter tampil dalam 222 pertandingan resmi dengan kontribusi 10 gol dan enam assist.

Di level internasional, Laporte belum pernah meraih caps bersama tim nasional senior Prancis. Meski demikian, dia pernah dipanggil memperkuat timnas U-21 Prancis di mana debutnya terjadi pada Agustus 2013.

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan