Di Balige, Sihar Sitorus Ditantang Binahar Napitupulu

DataMedan,-Jelang penetapan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Sumut), masing-masing bakal pasangan calon (bapaslon) terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Masing-masing bapaslon bersosialisasi dengan gaya khasnya.

Bapaslon Djarot Saiful Hidayat – Sihar Sitorus (DJOSS) dengan gaya blusukannya menyambangi masyarakat Balige, Toba Samosir (Tobasa). Dinginnya udara pinggiran Danau Toba tak menjadi penghalang.

Disela-sela blusukannya, Djarot-Sihar menyempatkan untuk menikmati minuman tradisional bandrek Sonak Malela untuk menghangatkan badan. Suasana warung yang terletak di Jalan Sisingamangaraja itu langsung ramai.

Baru sebentar menyeruput Bandrek, seorang warga tiba-tiba datang dan menantang. Pria itu menantang Sihar bermain catur. Sontak Sihar pun kaget mendengar tantangan itu.

“Pak Djarot, saya tantang dulu wakil bapak ini untuk main catur. Mau tau aku Bang Sihar ini bisa main catur apa enggak,” kata Binahar Napitupulu, yang bermukim di Balige, Sabtu (3/2) malam.

Sihar langsung tertawa mendengar tantangan warga. Sihar pun langsung duduk di depan papan catur dan memilih bidak berwarna putih. “Ayoklah kita main,” kata Sihar.

Pertandingan catur antara keduanya menarik perhatian warga lainnya. Mereka langsung menonton pertandingan keduanya. Disela permainan, Sihar masih sempat meladeni masyarakat yang mengajaknya berswafoto. Satu persatu warga mengabadikan gambar dengan pengusaha perkebunan itu.

Permainan berjalan sengit, satu persatu bidak catur Sihar dimakan lawan. Namun strategi yang apik, membuat Sihar memenangkan pertandingan. Tepuk tangan warga yang menonton langsung pecah.

“Saya merasa terhormat bisa bermain dengan Sihar. Dia ini anak Tobasa asli. Begitu merakyat orangnya,” kata Binahar.

Sihar memang sangat dikenal oleh warga Tobasa, karena memang disitulah kampung halamannya. Dia merupakan anak kandung dari Almarhum Derianus Lungguk Sitorus alias DL Sitorus, pengusaha perkebunan asal Tobasa.

Sebelum penetapan calon oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Djarot-Sihar juga menyempatkan diri ziarah ke makam DL Sitorus di Desa Lumban Pea Talak Batu, Kecamatan Silaen. Sihar didampingi keluarga besarnya saat berziarah. Dia mengingat DL Sitorus semasa hidupnya.

“Semasa hidup, bapak selalu berpesan, dalam hidup ini agar kita tidak boleh menyusahkan orang lain. Sebisa mungkin kita harus membantu orang lain yang kesusahan. Itu pesan bapak yang saya pegang teguh hingga hari ini,” ungkap Sihar.

Sementara itu, Djarot mengungkapkan, dirinya banyak mendengar cerita kedermawanan seorang DL Sitorus. Bahkan ia pun menyatakan melihat hal serupa di diri pasangannya di Pilgub Sumut.

Dalam pilgub nanti, pasangan Djarot-Sihar didukung PDIP dan PPP. Mereka harus bekerja ekstra keras untuk melawan pasangan Edy-Ijeck dan JR-Ance.

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan