Jelang Idul Adha, Pemko Medan Harus Pastikan Hewan Kurban Sehat dan Aman

Medan,- Berkenaan dengan pelaksanaan qurban pada tahun 2018 ini, Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) DPRD Kota Medan mengingatkan Pemerintah Kota Medan untuk memastikan kesehatan hewan qurban. Hal ini disampaikan Anggota Komisi D DPRD Kota Medan, H.Salman Alfarisi Lc, MA kepada wartawan di Medan.

“Berkenaan dengan pelaksanaan iedul qurban dimana masyarakat melaksanakan penyembelihan hewan qurban, kami minta agar Dinas Kesehatan Kota Medan melakukan pengecekan dan pembinaan terhadap masyarakat Kota Medan agar memastikan bahwa hewan sembelihan adalah hewan yang sehat dan tidak sedang sakit,” jelas Salman.

Dikatakannya, terkait persoalan ini harus ada upaya pemerintah Kota Medan melalui dinas terkait untuk memberi informasi mengenai ciri – ciri hewan yang sehat dan ciri hewan yang sedang sakit. “Karena selain membahayakan, hewan yang sedang sakit tidak diperbolehkan menjadi hewan qurban,” jelasnya.

Salman juga mengatakan, dalam delapan hari kedepan, seluruh kaum muslimin yang berada di tanah suci mekkah Al Mukarram akan melaksanakan puncak ibadah haji yaitu wukuf di padang arafah.

“Kami mendoakan semoga pelaksanaan puncak ibadah haji tersebut berjalan lancar tanpa suatu kendala apapun. Sedangkan kita yang tidak berangkat haji di anjurkan untuk berqurban sebagaimana yang telah dicontohkan oleh nabi Ibrahim alaihi salam dan Nabiyullah Muhammad saw. Karena dalam berqurban begitu banyak keutamaan – keutamamaan serta ibroh atau perlajaran yang bisa kita raih. oleh karena itu, kami mengajak kepada kita semua yang memiliki kemampuan untuk berqurban pada tahun ini sebagai salah satu bentuk kesyukuran kepada Allah swt,” jelasnya.

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan