Bupati Sergai Terima Kunjungan KaProdi Magister Ilmu Pangan Fakultas Pertanian USU

Sei Rampah, – Bupati Serdang Bedagai Ir. H. Soekirman menerima kunjungan Mahasiswa dan Alumni Program Studi studi Magister Ilmu Pangan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU), Kepala Program Studi (Kaprodi) Magister Ilmu Pangan Dr. Ir. Hotnida Sinaga, M.Phil, di ruang rapat Bupati Sergai, Rabu (12/09/2018)

Rombongan diterima langsung oleh Bupati Ir. H. Soekirman didampingi Asisten Ekonomi Pembangunan dan Sosial Ir. H. Kaharuddin, Kadis Pertanian Radianto Panjis, SP, MMA, Kadis Ketahanan Pangan Ir. M. Aliuddin, SP, MP, Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah Rudianto Siagian dan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai Drs. Suriadi.

Kunjungan tersebut dalam rangka memperkenalkan program studi Magister Ilmu Pangan Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara (USU), kepada Pemerintah Kabupaten Sergai.

Kaprodi Magister Ilmu Pangan Dr. Ir. Hotnida Sinaga, M.Phil mengemukakan maksud kedatangannya selain memperkenalkan prodi juga untuk menjalin silaturahmi dan diharapkan ke depannya kerja sama dengan Pemkab Sergai dapat terjalin dengan baik dalam hal penelitan, pendidikan dan pengabdian masyarakat.

Tak lupa juga Dr. Ir. Hotnida Sinaga, M. Phil memperkenalkan profil kampus dan prodi kepada Bupati Sergai dan rombongannya sembari menyampaikan harapan bahwa prodi ini dapat menjadi salah satu pilihan bagi ASN di Sergai untuk melanjutkan studi demi pengembangan karir maupun peningkatan kualitas SDM ASN di Sergai.

Menanggapi paparan dari Kaprodi Magister Ilmu Pangan Hotnida Sinaga, Kadis Ketapang M. Aliuddin, SP, MP menyampaikan beberapa permasalahan terkait pangan di Sergai seperti makanan jajanan siswa SD yang dari hasil uji ditemukan mengandung bahan berbahaya bagi kesehatan anak.

Selain itu juga dikemukakan persoalan lain terkait makanan bagi ternak sapi yang saat ini sudah mengalami kelangkaan yang diakibatkan satu dan lain hal.

Sementara itu Bupati Sergai Ir. H. Soekirman dalam arahannya mengemukakan bahwa Pemkab Sergai sudah memiliki MoU dengan USU dan kerja sama yang baik juga dapat dilanjutkan dengan Prodi Magister Ilmu Pangan ini.

Khususnya dalam menjawab permasalahan pangan yang ada di daerah ini seperti membantu memajukan industri kuliner di Sergai dengan membangun standart higienitas dapur.

Selain itu proses produksi pangan yang aman, sehat, utuh dan halal.

Pengembangan industri kecil menengah juga dapat dilakukan kerja sama dengan Magister Ilmu pangan dengan penelitian dan pengembangan produk-produk unggulan sehingga bisa lebih tahan lama.

Program Pengabdian masyarakat oleh para mahasiswa dalam menjawab persoalan pangan yang berkembang saat ini juga sangat diharapkan sehingga dapat ditemukan solusi yang baik untuk meningkatkan kualitas pangan masyarakat, ucap Bupati Soekirman.

Menutup sambutannya, Bupati Soekirman berharap adanya ide-ide dan inovasi baru dari dunia pendidikan demi pengembangan daerah ini sangat dinantikan, dan Pemkab Sergai juga akan memotivasi ASN dan masyarakat untuk terus melanjutkan pendidikan sampai strata 2 terkhusus mempromosikan Prodi Magister Ilmu Pangan sebagai salah satu prodi demi pengembangan pangan daerah.(ind/dt)

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan