Peristiwa

Soal Buruknya Drainase, Ini Saran Warga Medan Sunggal untuk Pemko Medan

Medan,- Warga di Kecamatan Medan Sunggal mengharapkan Pemerintah Kota Medan menyiapkan langkan antisipasi di Kelurahan-Kelurahan di Medan Sunggal, sekaitan dengan akan datangnya musim penghujan di Tahun 2018 ini. Warga mengaku kewalahan dengan buruknya drainase yang mengakibatkan banjir di lingkungan warga.

“Warga tidak memungkiri selama ini Pemko Medan sudah bekerja, mulai pembangunan drainase dan pemeliharaan dan pengorekan parit. Namun itu saja belum cukup,” jelas Deni Kurniawan dalam Reses II Tahun 2018 Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Golongan Karya (Golkar) H.Ilhamsyah. SH yang dilaksanakan di Perumahan Santa Fe, Jalan PDAM Sunggal, Kelurahan Sunggal, Kecamatan Medan Sunggal, baru-baru ini.

Khusus untuk pemerlihataan dan pengorekan parit, warga meminta Pemko Medan menyiagakan petugasnya dilapangan saat hujan turun. “Kalau tidak musim hujan, petugas tidak tahu seperti apa drainase sesungguhnya. Jika petugas diterjunkan saat musim hujan bisa tahu dimana air meluap dari drainase, mudah-mudahan bisa paham seperti apa wajah drainase sesungguhnya,” ucapnya.

Selama ini yang terjadi, warga mengeluh adanya sendimentasi di drainase, Pemko kemudian melakukan pengorekan, tiba hari hujan jalan tergenang kembali. “Masalahnya tidak hanya disendimentasi drainase, melainkan integrasi antara saluran drainase yang tidak bagus,” jelasnya.

Permasalahan ini, kata pria paruh baya ini, banyak ditemukan di Medan Sunggal. Disebagian lingkungan drainasenya bagus, dalam dan bersih, namun airnya tidak mengalir dengan baik karena saluran lainnya yang terhubung dengan saluran tersebut tidak bagus. “Jadinya sama saja. Jadi kalau mau riil melihat drainase turunlah saat hujan turun,” jelasnya.

Diakui warga, selama ini penanganan Pemko Medan sudah mengalami kemajuan dalam permasalahan drainase, meskipun dibeberapa wilayah dan lingkungan banyak juga warga yang mengeluh. “Setidaknya upaya dan tekad untuk memperbaiki drainase sudah dilakukan. Warga mengapresiasi Pemko Medan,” jelasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Medan H.Ilhamsyah SH mengatakan berterimakasih atas masukan warga dalam upaya memperbaiki lingkungannya. “Persoalan yang disampaikan warga soal saluran drainase yang terintegrasi sudah sering disampaikan. Karena kita juga melihat hal yang sama di lapangan,” jelasnya.

Ilhamsyah melihat, persoalan drainase ini tidak hanya sekedar sendimentasi saja melainkan pangkal utamanya adalah terintegrasinya dengan saluran yang lebih besar seperti Sungai dan Parit Sulang Saling.

“Makanya kita juga heran, Medan banyak sungainya tapi di tengah Kota bisa banjir,” jelasnya seraya mengatakan kedepan setiap pengerjaan drainase harusnye memperhatikan detail soal integrasinya saluran saluran drainase.

Ilham menyambut baik usulan warga mudah-mudahan bisa direspon secepatnya oleh Pemko Medan.

Share DataMedan

Leave a Reply