Dikalahkan Jepang, Timnas U-19 Gagal ke Piala Dunia

DataMedan.com, JAKARTA | Misi Tim Nasional Indonesia menuju Piala Dunia U-20 tahun depan di Polandia kandas sudah, setelah tim garuda muda ditaklukan Jepang 0-2 pada laga perempat final Piala Asia U-19 yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Minggu (28/10/2018).

Gol Jepang dicetak oleh Higasi Shuki pada menit 40 melalui tendangan kerasnya di luar kotak finalti yang tidak bisa dijangkau penjaga gawang Timnas Indonesia M. Riyandi, dan gol kedua dari kaki Taishei Miyashiro menit 70. Hasil ini membawa Jepang melaju ke semi final Piala Asia U-19 sekaligus membawa tim samurai biru menuju Piala Dunia U-20 di Polandia tahun 2019.

Timnas sendiri pada laga ini bermain sedikit bertahan dengan mengusung formasi 5-3-2, namun sesekali mengancam pertahanan Jepang lewat serangan balik yang dimotori Witan Sulaiman dan Sadil Ramdani namun gagal menciptakan gol. Jepang sendiri yang menekan sejak awal pertandingan tampak sulit membongkar pertahanan timnas hingga akhirnya Higashi Shunki melepaskan tendangan kerasnya dari luar kota pinalti pada menit 40 yang menghunjam sisi kiri gawang Indonesia yang tak dapat dijangkau oleh penjaga gawang M. Riyandi, Jepang pun unggul 1-0 hingga babak pertama usai.

Pada babak kedua, Timnas Indonesia mencoba mendominasi laga dengan melakukan tekanan ke pertahanan timnas U-19 Jepang. Witan sempat mengancam gawang timnas U-19 Jepang saat mendapat umpan terobosan dari Saddil, tetapi bola masih bisa diantisipasi penjaga gawang Jepang Kosei Tani. Timnas U-19 Indonesia kembali mendapat kesempatan melalui tendangan bebas dari Saddil pada menit ke-68, tetapi bola juga berhasil ditepis kose Tani.

Sebaliknya Jepang berhasil menggandakan keunggulan melalui Taishei Miyashiro melalui serangan cepat dari sisi kiri pertahanan Timnas Indonesia yang tak dapat diantisipasi pemain belakang timnas dan dengan mudah Taishei Miyashiro menyontek bola ke gawang Rayandi, meski pelan, bola meluncur masuk ke gawang Indonesia tak dapat diantisipasi M. Rayandi.

Mendekati akhir pertandingan Timnas mencoba melakukan tekanan melalui akselarasi Sadil Ramdani, Asnawi Mangku Alam Bahar, Firza Andhika dan Rivaldo Tod Fere, namun hingga gagal mendapatkan peluang bagi timnas, hingga peluit dibunyikan wasit, kedudukan tidak berubah Indonesai harus mengakui Jepang 0-2.[DM/MBZ]

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan