Indonesia Youth Icon, 2 Putra/i Sergai Raih Penghargaan

DataMedan.com, SERGAI, | Puncak perhelatan Akbar Pelatihan Kebangsaan Merah Putih Indonesia Youth Icon 2018 yang digagas oleh Yayasan Bangga Jadi Indonesia (YBJI) Angkatan IV dan menghadirkan 120 peserta dari 20 Provinsi se-Indonesia berlangsung di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Serdang Bedagai (Sergai) di Sei Rampah, Minggu (28/10/2018).

Indonesia Youth Icon 2018 Angkatan IV ini digelar mulai 22-27 Oktober 2018 dan Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat  dipercaya menjadi tuan rumah ajang nasional yang bertujuan menciptakan anak muda yang ahli diplomasi, budaya karakter kebangsaan, atitude, dan life skills.

Disela-sela kegiatan Dandim 0204/DS Letkol Kav. Syamsul Arifin, SE, M.Tr (Han) berkesempatan menyampaikan apresiasi dan kehormatan atas terselenggaranya kegiatan tahun keempat ini yang dilaksanakan di Sergai.

Image positif bahwa Sergai siap menjadi mintra bagi usaha-usaha untuk kegiatan positif khususnya kepemudaan.

” Semoga kegiatan ini terus berkesinambungan dan dapat tertular didaerah lain. Kepada adik-adik peserta, kalian adalah agen perubahan (agent of change) yang dapat mewujudkan Indonesia sebagai Mercusuar Dunia melalui hari ini yang bertepatan Hari Sumpah Pemuda,” katanya.

Sama halnya dengan Dandim 0204/DS, Gubsu Edy Rahmayadi yang diwakili oleh Kabid Politik Dalam Negeri Provsu Fazri Effendi Pasaribu, SH, MH juga menyampaikan apresiasi dalam pelaksanaan kegiatan pelatihan kebangsaan merah putih yang dapat menumbuhkan jiwa patriotisme dan nasionalisme serta mewujudkan masyarakat Indonesia yang beradab dan menjunjung tinggi nilai-nilai kebangsaan.

” Kita yang merupakan generasi muda adalah motor penggerak bangsa yang dapat menciptakan kebangsaan yang berkualitas dan berakhlak mulia dalam menciptakan masyarakat yang adil, makmur, sejahtera dan bermartabat, ” ujarnya.

Sementara itu Perwakilan Kemenko Polhukam Laksamana Pertama TNI Jaya Darmawan mengingatkan kembali sejarah Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 lalu, yang terbayang adalah patriotisme dan nasionalisme dalam mewujudkan ide cemerlang Sumpah Pemuda yang menjadi cikal bakal NKRI. Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka tunggal Ika adalah 4 Konsensus yang harus terus dipegang teguh para pemuda.

Oleh karena itu kita harus meningkatkan semangat tekad bela negara serta tidak mementingkan kepentingan pribadi diatas kepentingan masyarakat banyak. Hal tersebut agar NKRI menjadi jauh lebih kuat dan menjelma sebagai negara kuat yang disegani oleh dunia.

” Indonesia hari ini adalah hasil tekad bela negara, demikian pula Indonesia kedepannya akan terus menjadi bangsa yang besar dan dicintai rakyatnya,” ungkap Jaya Darmawan.

Dikatakannya bahwa saat ini Indonesia butuh pemuda yang cinta pada tanah airnya. Untuk itu jangan putuskan tali harapanmu, mari bersama jadikan Indonesia Mercusuar Dunia.

Kami sangat yakin kegiatan ini akan dapat melahirkan generasi emas Indonesia yang kuat, dan bersatu padu mengawal stabilitas nasional serta menebarkan energi sosial yang positif kepada segenap bangsa, pungkasnya.

Acara diisi dengan penyerahan penghargaan kepada stakeholder pendukung kegiatan serta pemenang Indonesian Youth Icon Tahun 2018.

Pada even tersebut, SMKN 1 Lubuk Pakam terpilih sebagai Lingkungan Sekolah Terbaik. Sementara Pentas Seni Sekolah Terbaik diraih MAN Kisaran. Untuk nominasi Sekolah Terbaik diraih oleh SMA Al Hikmah Medan.

Kemudian untuk kategori Pemuda Bakti 2018, dua orang putra-putri asal Sergai masuk nominasi sebagai 8 pemuda terbaik versi Indonesia Youth Icon Tahun 2018 Angkatan IV yaitu Rani Djambak (musisi dan koreografi musik) serta Yudi Guntara (peternak unggul).

Pada puncak acara, diumumkan pemenang Indonesia Youth Icon Tahun 2018 Angkatan IV diraih oleh Irza Aufar Atallah, perwakilan dari Provinsi Jawa Timur yang membawa pulang Piala Bergilir Kemenpora RI.[Ind]

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan