Pemkab Sergai Peringati Hari Sumpah Pemuda

DataMedan.com, SERGAI | Jajaran Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai), Senin (29/10) pagi, melaksanakan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-90 dengan tema “Bangun Pemuda Satukan Indonesia” bertempat di Halaman Kantor Bupati di Sei Rampah.

Bertindak sebagai Inspektur Upacara Bupati Sergai Ir H Soekirman, dan Komandan Upacara Gilang Putri Haswari yang merupakan peserta pada ajang Indonesia Youth Icon 2018. Hadir juga Dandim 0204/DS Letkol Kav. Syamsul Arifin, SE M.Tr (Han), Wakapolres Sergai Kompol Henri Ritson Sibarani, SE,  Sekdakab Drs Hadi Winarno, MM, para Asisten, Staf Ahli Bupati, Kepala OPD, ASN dilingkungan Pemkab Sergai, unsur Muspika Kecamatan, unsur organisasi kepemudaan, anggota Paskibraka dan  pelajar.

Dalam sambutan tertulis Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi yang dibacakan oleh Bupati Sergai Ir H Soekirman mengatakan bahwa hari Sumpah Pemuda ke-90, sesuai dengan tema atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggungjawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD RI 1945 dalam kerangka NKRI.

Dikemukakan oleh Menpora pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing, namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari Hoax, Hate Speech, pornografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara.

Pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetesi di kanca Asia. Perhelatan Asian Games 2018, atlet-atlet muda Indonesia berhasil bersaing dengan bangsa-bangsa Asia dan berhasil menduduki peringkat ke-5. Ini adalah sejarah baru kebangkitan olahraga Indonesia serta harus dijadikan momentum untuk terus membangun optimisme pemuda Indonesia dengan bekerja keras mewujudkan prestasi diberbagai bidangnya.

Mengakhiri sambutannya, Menpora menyampaikan bahwa tahun 2019 bangsa Indonesia akan menggelar hajatan besar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pemimpin nasional dan daerah yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Anggota Legislatif baik DPR RI, DPD RI, DPRD Tk. I dan DPRD Tk II. Untuk itu peran dan tanggung jawab pemuda dalam menyukseskan proses pemilihan umum nanti amat sangat dibutuhkan. Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mweujudkan Pemilu yang damai, kredibel dan berkualitas.

Usai membacakan pidato Menpora RI, Bupati Sergai Ir H Soekirman menambahkan bahwa Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat baru saja menorehkan sejarah yaitu menjadi tuan rumah pada ajang Pelatihan Kebangsaan Merah Putih Indonesia Youth Icon 2018.  Kegiatan ini bertepatan dengan momen peringatan hari sumpah pemuda dan melibatkan 120 peserta dari 20 Provinsi se-Indonesia dengan tujuan menciptakan anak muda yang ahli diplomasi, budaya karakter kebangsaan, attitude serta life skills.

Dikatakan Bupati bahwa kita patut berbangga karena pemuda asal Sergai masuk dalam pemuda terbaik versi Indonesia Youth Icon 2018 kategori Pemuda Bakti yaitu Rani Djambak (Musisi dan Koreografi musik) dan Yudi Guntara (Peternak Unggul).

Hal ini tentu akan menjadi pemicu semangat para pemuda Sergai lainnya untuk meningkatkan prestasi hingga ke kanca nasional maupun internasional, pungkas Bupati.[Ind]

 

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan