Di SMPN 1 Labuhan Deli, Dosen UMN Al Washliyah Gelar Pengabdian Masyarakat

Medan,-Dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi sebagai Dosen UMN Al Washliyah, Juliandi Siregar sebagai Dosen Fisika UMN Al Washliyah melakukan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM).

PKM ini dilaksanakan pada Rabu (19/12/2018) di SMP Negeri 1 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Kepala Sekolah Bapak Yusmariono, M.Pd, Bapak dan Ibu Guru serta beberapa siswa.

Kegiatan ini mengambil tema PKM Penerapan Literasi Sains Dalam Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Di SMP Negeri 1 Labuhan Deli Kabupaten Deli Serdang.

Seperti diketahui bahwa dalam kurikulum 2013 mata pelajaran IPA merupakan mata pelajaran yang didalamnya terdapat literasi sains.Literasi sains menuntut siswa dan siswi melek terhadap sains atau ilmu pengetahuan namun sesuai dengan prinsip-prinsip dalam kerja ilmiah.

Pelaksanaan PKM ini bertujuan untuk memberikan kontribusi mengatasi persoalan-persoalan pembelajaran yang kerap terjadi di sekolah. Diantara persoalan pembelajaran adalah terkait siswa yang kurang termotivasi dan tidak sungguh-sungguh dalam belajar karena kepenatan atas gaya atau sistem belajar yang diterapkan. Sehingga siswa menjadi mudah bosan dalam mengikuti pembelajaran.

Dengan literasi sains diharapkan dapat mengembangkan budaya literasi khususnya di SMP Negeri 1 Labuhan Deli sebagai prasyarat kecakapan hidup dalam abad ini melalui pendidikan yang terintegrasi, mulai dari keluarga, sekolah, sampai dengan masyarakat.

Dalam pemaparannya Juliandi Siregar menyampaikan tentang nilai literasi yang bisa diperoleh dari materi Hukum Newton. Diantara nilai yang diperoleh adalah perlunya kemampuan mempertahankan diri sebagai lambang kepribadian diri yang sangat Tangguh (Hukum I Newton).

Diperlukan momentum tepat dalam mencapai kesuksesan dalam hidup (Hukum II Newton). Setiap perbuatan akan menghasilkan akibat (Hukum III Newton).

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan