DPRD Sergai Gelar Sidang Paripurna Istimewa HUT Sergai ke 15

SERGAI, – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), menggelar Sidang Paripurna Istimewa dalam rangka HUT Kabupaten Sergai ke 15 tahun, di Ruang Sidang DPRD Sergai, Senin (07/01/2019).

Ketua DPRD Sergai H Syahlan Siregar ST selaku pimpinan sidang dalam sambutannya mengutarakan rasa syukur atas Karunia Allah SWT Tuhan Yang Maha Kuasa sehingga tercatat total 260 Perda telah disahkan oleh DPRD Sergai selama kurun waktu 15 Tahun ini secara baik dan tepat waktu.

Semua itu adalah berkat kerjasama dan sinkronisasi antara semua pihak sehingga buah manfaat pembangunan Sergai semakin dapat dirasakan seluruh masyarakat Tanah Bertuah Negeri Beradat ini.

Untuk itu Ia mengajak, pada momen Hari Jadi Kabupaten Sergai Ke-15 ini agar tetap jaga kondisi yang baik ini serta diharapkan terus partisipasi aktif dari seluruh masyarakat dalam mensukseskan pembangunan di Kabupaten Sergai.

“Selalu kita lakukan evaluasi guna perbaikan dimasa yang akan datang karena tentu akan selalu ada kekurangan untuk menjadi perbaikan terutama pelayanan kepada masyarakat”, ucapnya.

Gubernur Sumatera Utara diwakili oleh Kadis Perindag H Alwin, M.Si memberikan apresiasi dan ucapan Selamat Hari Jadi Kabupaten Sergai Ke-15 Tahun dari Pemerintah Daerah Provinsi Sumut.

“Semoga diusia yang semakin matang ini masyarakatnya semakin sejahtera. Kepada semua masyarakat untuk dapat memaknai segala pencapaian yang masih panjang sebagai bahan evaluasi guna akselerasi pembangunan dalam rangka mewujudkan kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan”, ucapnya

Ia melanjutkan, pemerintah daerah saat ini sedang konsentrasi membangun desa sesuai visi Sumut yang Bermartabat. Konsep mewujudkan masyarakat Sumut yang Bermartabat dengan memiliki iman dan taqwa, bersatu dan baik dalam perekonomian. Selain itu masyarakat yang bermartabat dalam berpolitik serta akhlak guna menjadi teladan yang baik.

Pemprovsu sangat mengapresiasi tema Hari Jadi Kabupaten Sergai ini dan menghimbau Kabupaten/Kota yang ada di Sumut untuk mengangkat tema sebagai target utama pada sektor peningkatan perekonomian desa seperti yang dilakukan Kabupaten Sergai ini.

“Akhir kata mari kita terus bergandengan tangan menjaga persatuan dan kondusifitas daerah menuju masyarakat Sumut yang Bermartabat”, pungkasnya.

Sementara itu, Bupati Sergai Ir H Soekirman mengungkapkan bahwa Peringatan hari jadi Kabupaten Sergai ke-15 tahun 2019 ini merupakan tahun ketiga baginya melaksanakan amanah menjadi Bupati dan Wakil Bupati periode 2016-2021.

Sudah sepatutnya untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT karena dengan karunia dan ridhonya telah mengantarkan Kabupaten ini sampai ke ulang tahunnya yang ke-15 dalam kondisi aman dan kondusif sehingga diharapkan mampu mewujudkan Kabupaten Sergai yang Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan menuju Sumut Bermartabat.

Disampaikan Soekirman, melalui thema HUT Sergai ke 15 ini, Ia berharap pertumbuhan perekonomian masyarakat desa di Tanah Bertuah Negeri Beradat dengan pemanfaatan secara optimal potensi desa melalui lembaga-lembaga perekonomian desa seperti BUMDES, Koperasi Desa dan sebagainya sehingga masyarakat yang sejahtera dapat diwujudkan.

Disisi lain katanya, Kabupaten Sergai merupakan 1 dari 60 kabupaten se-Indonesia yang meraih “Zona Hijau” dengan predikat kepatuhan tinggi dari Ombudsman RI terkait dengan kepatuhan terhadap Standar Pelayanan Publik sesuai Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik di tahun 2018.

Di Provinsi Sumut hanya terdapat 2 daerah yang meraih penghargaan tersebut yaitu Kabupaten Sergai dan Kabupaten Langkat.

Saat ini Kabupaten Sergai memiliki 6 urusan pemerintahan wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar, 17 urusan pemerintahan wajib yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar, 5 urusan pilihan dan 6 unsur penunjang urusan pemerintahan daerah.

Dikatakan Bupati bahwa di tahun 2018 ini Kabupaten Sergai memperoleh beberapa prestasi dan penghargaan baik dari tingkat nasional maupun provinsi Sumut antara lain Kabupaten Sergai meraih urutan pertama dengan persentasi 79% hasil monitoring dan evaluasi Kopsurgah KPK-RI, penghargaan Pasar Tertib Ukur (PTU) Tahun 2018, penghargaan Government Award tahun 2018 dengan kategori “Ketahanan Pangan” dari MNC Group.

Kemudian penghargaan dalam akuntabilitas kinerja dari Menpn-RB, penghargaan atas prestasi dan komitmen dalam menggerakkan program kependudukan keluarga berencana pada puncak Harganas ke-XXV Tahun 2018.

Penghargaan Manggala Karya Kencana (MKK) tahun 2018 dari BKKBN, penghargaan terbaik II penyuluh lapangan PLKB atas nama Devi Dwi Yana Utami, penghargaan KLA tahun 2018 kategori “ Pratama”.(DM/02)

Tinggalkan Balasan