Pemkab Sergai Gelar Raker dan Evaluasi Program Tahun 2019

SERGAI, – Pemkab Serdang Bedagai mengadakan rapat kerja dan evaluasi program kerja tahun 2019 yang digelar di Aula Sibayak Hotel Berastagi Kabupaten Karo, Jumat (18/01/2019).

Raker dan evaluasi dibuka secara resmi oleh Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman didampingi Wakil Bupati Darma Wijaya dan Sekda Hadi Winarno.

Dalam kesempatan tersebut H. Soekirman mengatakan bahwa sebagai kepala daerah, dirinya bersama Wakil Bupati selalu mengingatkan kepada jajaran agar bekerja dengan baik dan apa yang telah difahami dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya.

Dalam rapat ini kata Bupati, terdapat 3 kategori yang menjadi pembahasan yaitu Kesalahan administrasi, adanya kerugian negara serta OTT. Jika kesalahan administrasi, akan dapat diselesaikan secara administratif, namun jika tidak maka akan jatuh pada ranah hukum pidana.

Untuk menyingkapi hal tersebut kata Dia yaitu, dengan saling berkomunikasi dan berkoordinasi untuk mencapai solusi terbaik dan segera menyikapi hal tersebut dengan baik.

“Sukses story masing-masing OPD memang berbeda-beda. Namun diminta agar cerita dan kiat sukses tersebut hendaknya dapat ditularkan kepada OPD lain agar diambil hal positifnya”, katanya.

Bupati juga berpesan agar memanfaatkan tenaga non struktural yang ada di Kabupaten Sergai guna penghematan anggaran sehingga outcome kita akan semakin baik tanpa memakai anggaran daerah.

“Terapkan sistem Amati, Tiru dan Modifikasi (ATM) dalam proses pengelolaan administrasi keuangan yang baik dari daerah lain untuk semakin baiknya kinerja pemerintahan kita”, tandasnya.

Wabup H Darma Wijaya menambahkan, raker bertujuan untuk evaluasi dan koordinasi guna perbaikan dan memaksimalkan pelayanan publik langsung kepada masyarakat. Hal ini agar mampu menjaga kepercayaan masyarakat atas kinerja pemerintah daerah yang dipimpin oleh Bupati dan Wabup beserta jajaran.

Kemudian terkait pengelolaan keuangan OPD agar maksimal dan mendukung peraihan opini WTP dari BPK, semuanya berasal dari kemauan dari diri kita sendiri atas pelaksanaan administrasi yang baik. Tinggalkan pola pengelolaan yang mengerjakan disaat mendekati waktu saja sehingga terburu-buru dan tidak maksimal dan efesien.

Sebelumnya, Panitia Raker Asisten Administrasi Umum H Karno, SH, MAP mengutarakan Raker ini adalah dalam rangka membahas program kerja terkait penilaian Korsupgah KPK berupa peraihan zona hijau dan predikat terbaik se-Sumut penggunaan anggaran berdasarkan data per Desember 2018 lalu yang menunjukkan peningkatan kinerja pengelolaan anggaran serta pelayanan publik yang baik dari OPD di lingkungan Pemkab Sergai.(DM/03)

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan