AJI Medan Buka Pendaftaran Anggota Baru

Medan, – Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Medan membuka pendaftaran penerimaan anggota baru kepada para jurnalis di wilayah Sumatera Utara.

Ketua AJI Medan, Liston Damanik mengatakan, sebagai organisasi profesi yang tersebar di seluruh Indonesia, sejak masa reformasi, AJI berupaya memperjuangkan kebebasan pers, independensi dan kesejahteraan jurnalis.

“Kami mengundang para jurnalis bergabung bersama AJI Medan untuk bersama-sama memperjuangkan cita-cita luhur ini,” kata Liston.

Liston menjelaskan, rekrutmen periode pertama di 2019 dibuka Rabu, 23 Januari 2019 hingga 23 Februari 2019, dilanjutkan tes etika dan wawancara pada 2 Maret 2019 bagi calon anggota yang dinyatakan lulus pemberkasan administrasi.

Sekretaris AJI Kota Medan, Wahyuni menyampaikan, setiap anggota AJI Medan nantinya berkesempatan untuk ikut ambil bagian dalam berbagai program peningkatan kapasitas jurnalis.

“Bukan hanya terkait jurnalistik dan media, tetapi berbagai isu penting seperti demokrasi dan Hak Asasi Manusia (HAM),” ujar Wahyuni.

Adapun kriteria untuk bisa bergabung menjadi bagian anggota AJI Medan yaitu reporter, pewarta foto, video journalist, juru kamera, kemudian editor/redaktur, kurator berita, produser siaran berita, editor foto berita, editor video berita, periset berita, kolumnis, ilustrator berita, karikaturis, perancang grafis berita, pengecek fakta, penulis cuplikan berita di televisi dan jejaring sosial, pembaca berita di televisi dan radio, jangkar berita (news anchor), jurnalis warga dan jurnalis mahasiswa.

Pendaftaran bisa dilakukan secara online dengan mengunduh formulir di medan.aji.or.id dan mengirimkan formulir yang telah diisi ke email sekretariat@medan.aji.or.id beserta lampiran persyaratan paling lambat tanggal 23 Februari 2019.(DM/01)

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan