Perempuan Harus Peka Terhadap Kemajuan Zaman

Sei Rampah, – Kondisi dan posisi perempuan di Indonesia pada dan di Sergai pada khususnya, masih tertinggal dibanding kaum laki-laki dalam berbagai aspek kehidupan seperti bidang sosial, politik, ekonomi, pendidikan dan budaya.

Menyongsong Pemilu Tahun 2019 ini, pemberdayaan perempuan di bidang politik merupakan salah satu indikator meningkatnya kesempatan bagi perempuan untuk mengembangkan potensi dirinya serta meningkatkan kesejahteraan hidupnya.

“Sudah saatnya para perempuan untuk mengubah pola fikir untuk lebih peka terhadap kemajuan zaman, bangkit dan ikut dalam berpolitik, sebab keterwakilan perempuan dalam parlemen sangat dibutuhkan”, kata Bupati Sergai, Ir.H.Soekirman melalui Assisten Ekbangsos Kaharuddin, pada Seminar Keikutsertaan Perempuan dalam Politik, di aula Sultan Serdang Kantor Bupati Sergai, Kamis (21/02/2019).

Untuk itu kata Dia, perlu adanya persiapan khusus yang membekali perempuan untuk mengerti dan memahami hak serta tanggung jawabnya ketika menjadi legislator yang dapat diandalkan.

Melalui seminar ini diharapkan dapat memberikan pengalaman, kesadaran dan perubahan perilaku kepada para peserta, baik sebagai pimpinan di organisasi maupun calon legislatif dari partai politiknya untuk terus meningkatkan kualitas diri, agar keikutsertaan perempuan dapat bermanfaat dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pembangunan.

Kepala DP2KBP3A Hj Irwani Jamilah SH selaku panitia kegiatan mengatakan, Seminar Keikutsertaan Perempuan Dalam Berpolitik di Kabupaten Sergai Tahun 2019 ini dilatarbelakangi masih kecilnya gaung dan partisipasi perempuan di bidang politik yang berdampak pada masih adanya kesenjangan laki-laki dan perempuan dalam pembangunan, baik partisipasi, akses, kontrol serta manfaat.

Sementara tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan peran dan partisipasi perempuan dalam berpolitik, baik sebagai calon anggota legislatif, maupun sebagai pemilih yang cerdas dalam menyongsong Pemilu 2019, dan agar organisasi perempuan dapat berperan dan memiliki kedudukan yang sangat penting dalam menyuarakan aspirasi kaum perempuan.

Acara diisi dengan dialog interaktif dan penyampaian materi “Strategi Kampanye Pemilu Legislatif 2019” oleh Asdep Polhukhankam Kementerian PP dan PA RI DR A Darsono Sudibyo, M.Si dirangkai dengan paparan berjudul “Perempuan dan Kepemimpinan” oleh Ketua KPUD Sergai Erdian Wirajaya, S.Sos.(DM/02)

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan