Wabup Sergai: Anak Harus Belajar Memiliki Mental yang Tangguh

Sergai, – Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya mengatakan setiap anak harus belajar memiliki mental yang tangguh, memiliki daya juang yang tinggi, tidak sombong saat menjadi juara dan tidak lemah dikala belum menjadi pemenang.

Hal itu disampaikannya saat memberikan sambutan pada acara Pelepasan Anak Didik TK dan Perlombaan Kreativitas Siswa Menyambut Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 di Open Stage Theme Park Pantai Cermin Kabupaten Sergai Provinsi Sumatera Utara, Selasa (30/04/2019).

Lebihlanjut disampaikannya, kegiatan yang dilakukan hari ini adalah salah satu bentuk tanggung jawab Pemkab Sergai dalam pemenuhan hak anak seiring dengan penganugerahan status Kabupaten Layak Anak (KLA) oleh Pemerintah Pusat pada tahun lalu terutama hak anak untuk memperoleh pendidikan.

Lebih lanjut Wabup juga sangat mengapresiasi rangkaian kegiatan perlombaan hari ini, sebab selain mengasah kemampuan anak, juga memotivasi anak agar selalu berani berkompetisi dan menjadi juara sejalan dengan visi Kabupaten Sergai yakni Unggul, Inovatif dan Berkelanjutan, selain itu anak juga diajarkan untuk memiliki jiwa sportifitas yang tangguh, dimana setiap perlombaan pasti ada yang kalah dan yang menang.

“Saya berharap anak-anak ini nantinya akan menjadi insan yang cerdas, berkarakter, bertekad kuat untuk maju dan selalu berjuang demi bangsa dan negaranya dan kepada para pendidik baik kepala sekolah, guru maupun tenaga pendamping TK agar terus semangat dan pantang menyerah untuk mendidik anak-anak yang merupakan salah satu aset sebagai penerus kita bagi kemajuan Kabupaten Sergai kedepannya.” tutupnya. 

Ketua GOPTKI Ny. Hj. Rosmaida Darma Wijaya kegiatan ini dilakukan sebagai upaya membangun kualitas manusia yang unggul, inovatif dan handal dimulai dari TK selanjutnya para siswa nantinya akan melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar (SD).

Kegiatan pelepasan siswa TK ini juga dirangkai dengan Lomba Kreatifitas Anak dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2019 yang dimaknai sebagai sebuah apresiasi atas kesungguhan para peserta didik TK serta para guru yang telah berjuang membangun individu yang berkualitas guna mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warganegara yang demokratis serta bertanggung jawab.

Kadis Pendidikan Drs. Joni Walker Malik, MM memberikan apresiasi khusus kepada GOPTKI Sergai. Diungkapkan Dia, sehubungan dengan usaha peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) guru TK, Dinas Pendidikan telah rutin melaksanakan pelatihan untuk meningkatkan mutu guru TK di Sergai, ditambah lagi dalam waktu dekat akan ada kompetisi sebagai apresiasi kepada guru TK yang digelar di Sergai dan kemudian nanti pemenangnya akan diikutsertakan dalam ajang tingkat provinsi dan berkiprah di tingkat nasional.

Joni Walker Manik mengungkapkan bahwa guru TK Sergai a.n. Risnawati br Purba dari Kecamatan Sipispis sudah membanggakan karena berhasil meraih prestasi sebagai 10 besar Guru TK Terbaik Tingkat Nasional. Hal ini menjadi bukti karya nyata peningkatan pendidikan. Standar materi dan standar proses belajar mengajar serta tenaga kependidikan akan terus ditingkatkan, selain standar sarana dan prasarana guna mempercepat pencapaian 21 peraihan dengan target akreditasi A untuk semua jenjang pendidikan di Sergai.

Sementara Laporan Ketua Panitia drg Hj Khairani Hadi Winarno menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk menyelenggarakan program kerja DPC GOPTKI Sergai Tahun 2019, memajukan kualitas pendidikan anak usia dini baik anak didik maupun pendidik, meningkatkan motivasi juang dalam perlombaan, menghantarkan dan melepas anak didik TK untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya, serta membangun hubungan harmonis antara sesama guru TK se-Sergai dengan pengurus GOPTKI Kabupaten dan Kecamatan.[DM/02]

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan