Sosialisasi Perda Persampahan, Rajudin Ajak Warga Pantau Sampah

Medan,- Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), H.Rajudin Sagala, S.Pd.I mengajak masyarakat untuk memantau keberadaan sampah di wilayahnya dengan memanfaatkan handphone. Hal ini dirasakan akan lebih efektif dalam menciptakan lingkungan di Kota Medan menjadi nyaman.

“Kita mengajak warga untuk memanfaatkan teknologi seperti hanphone dengan melaporkan setiap permasalahan salah satunya sampah di lingkungannya masing-masing. Warga boleh menyampaikan permasalahan ini kepada saya langsung, atau kepada aparat berwenang seperti Kepala Lingkungan dan Lurah setempat,” jelas Rajudin saat menyampaikan sosialisasi Peraturan Daerah nomor 6 tahun 2015 tentang pengelolaan persampahan di Kota Medan, Minggu (19/05/2019) sore.

Rajudin mengatakan pihaknya siap mengadvokasi permsalahan sampah di masyarakat, jika ditemukan adanya pengelolaan sampah yang tidak beres dilakukan. “Misalnya, warga menemukan sampah tidak diangkut dan dibiarkan berhari-hari, silahkan kontak saya, nanti kita sampaikan kepada Pemko Medan agar secepatnya direspon,” jelas Rajudin.

Politisi PKS Kota Medan ini mengatakan, permasalahan sampah merupakan permasalahan bersama, tidak hanya pemerintah saja melainkan masyarakat. “Jadi Perda ini mengatur kewenangan, hak dan kewajiban serta sanksi. Dan Perda ini harus terus disosialisasikan supaya menjadi solusi terhadap permasalahan kebersihan di Medan,” ucapnya.

Rajudin yang terpilih kembali menjadi anggota DPRD Medan perode 2019-2024 menegaskan, Perda ini jangan sampai menjadi lembaran-lembaran saja dan tidak ada manfaatnya. “Masyarakat dan Pemko Medan wajib melaksanakan Perda ini guna memperbaiki kualitas lingkungan di Kota Medan,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Rajudin juga mengatakan kedepan pihaknya akan terus melakukan inovasi untuk menggugah kesadaran warga dalam persoalan sampah ini. “Kedepan kita akan buat bak sampah yang seragam untuk warga, sebagai upaya menyemangati warga agar peduli sampah,” jelasnya disambut tepuktangan warga.

Dikatakannya, permasalahan sampah di Kota Medan tidak akan pernah tuntas jika Pemerintah dan masyarakat abai. “Makanya kita akan terus memantau kinerja Pemerintah dalam penanggulangan sampah ini dan kita juga terus mendorong dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam menjaga lingkungannya,” paparnya.

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan