P3MN Bantu Nelayan Kembangkan Usaha Rumah Tangga Melalui Program Kredit Mikro

BELAWAN, DatamMedan.com | Pusat pengkajian dan pengembangan masyarakat nelayan (P3MN) dengan program Kredit Mikro Binaan P3MN mencoba memberikan kredit untuk para nelayan dan istri nelayan yang mempunyai usaha rumah tangga.

“Sampai saat ini sudah 25 peserta yang terdaftar menjadi anggota kredit mikro P3MN, dan untuk saat ini program P3MN ini masih dijalankan di Kampung Nelayan dan daerah sekitar Belawan”, kata Nova Anggreina Pendamping P3MN pada penyerahan kredit di Kampung Nelayan Belawan, Sabtu (01/06/2019).

Kredit Mikro ini kata Dia, diberikan kepada anggota tanpa membebankan biaya adminitrasi dan bunga. Murni pinjaman yang dicicil setiap minggu.

Anggota kredit hanya membayar simpanan dimana setiap peminjaman 100.000 maka uang simpanan anggota nya 5.000. Dari simpanan anggota ini nantinya akan digulirkan lagi kepada anggota yang lainnya.

Selain itu kata Nova, kredit ini ditujukan untuk anggota yang mempunyai usaha, di samping untuk mengembangkan usaha, anggota juga diajarkan hidup hemat dengan cara menabung.

“Rencananya Kredit Mikro ini akan terus digulirkan sehingga semua rumah tangga yang mempunyai usaha dapat menerima pinjaman dengan kisaran 300.000 sampai 1.000.000. Setiap rumah tangga dapat melakukan pinjaman dengan syrat syarat yang sudah ditetapkan”, ucapnya.

Salah satu penerima kredit mikro binaan P3MN tersebut Jumaryah yang memiliki usaha dodol, mengungkapkan, Kredit Mikro P3MN sangat membantu dirinya dalam berusaha. Dengan adanya program ini dirinya tidak perlu lagi meminjam kepada rentenir.

“Kredit Mikro ini sangat membantu. Dengan program kami tidak lagi meminjam kepada rentenir karena bunganya bisa 100 persen dari uang yang dipinjam”, terangnya.(DM/01)

Share DataMedan

Tinggalkan Balasan