Hindari Kabut Asap, Pemkab Bersama Polres Asahan Berikan Masker Kepada Pengendara

Kisaran,DataMedan–Pemerintah Kabupaten Asahan yang dipimpin oleh Plt Bupati Asahan H.Surya B,sc bersama jajaran Polres Asahan berikan masker sebagai tutup mulut guna untuk menghindari dari kabut asap dampak dari Pembakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) yang terjadi di Riau.

“Dampak dari kebakaran tersrbut sampai ke Kabupaten Asahan, perlu kita ketahui bahwa asap tersebut sangat merusak pernapasan kita maka dari itu kami berikan masker agar terhindar dari asap dalam berkendara,” kata H.Surya didampingi Kapolres Asahan AKBP Faisal Napitupulu saat berikan masker di depan Satlantas Polres Asahan Jalan Cokroaminato Kisaran, Kamis (19/9/2019).  

Ia juga menjelaskan, terkait kebakaran hutan dan lahan yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia belakangan ini, seolah menjadi bencana tahunan, Data dari WHO pada 2018, mengatakan dalam satu tahun setidaknya ada 543.000 anak-anak meninggal karena penyakit pernapasan terkait dengan polusi udara.  

Polusi udara dianggap sebagai salah satu penyebab yang terlibat atas penyakit kanker pada anak-anak. Selain itu, wanita hamil yang terpapar polusi udara dapat memengaruhi.  

Karhutla tentu merugikan banyak pihak, khususnya masyarakat sekitar yang lingkungannya tercemar polusi udara dari kabut asap pembakaran, siapa pun setuju peristiwa kabut asap ini tidak baik untuk kesehatan. Saat terpapar kabut asap setidaknya orang akan mengalami batuk-batuk, sesak napas, dan iritasi mata.    

“Namun, efek dari partikel berbahaya tidak hanya berdampak pada iritasi eksternal saja namun juga internal, yakni gangguan pernapasan. Setidaknya ada tiga masalah pernapasan yang akan dialami seseorang ketika terpapar polusi udara dalam rentang waktu tertentu,” ujar Plt Bupati Asahan.  

Kegiatan ini merupakan salah satu mensehatkan masyarakat Asahan karena Pemerintah Asahan memiliki visi dan misi dalam membuat masyarakat Sehat.(DM-DES).

Share DataMedan

Leave a Reply