Bupati Sergai Pimpin Rakoor dan Kukuhkan TPKAD

Sergai,DataMedan.com |Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), dikukuhkan oleh Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman, Senin (07/10/2019) di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Desa Sei Rampah Kecamatan Sei Rampah.

Dikesempatan itu H.Soekirman menyampaikan bahwa Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), pada hari ini telah mengukuhkan TPAKD sesuai dengan SK Bupati Sergai No. 895/18.4/2019, sehingga dengan adanya TPAKD diharapkan bisa menjadi forum koordinasi untuk meningkatkan akses keuangan di daerah yang bisa berperan dalam meningkatkan pemahaman dan penggunaan produk dan jasa keuangan oleh masyarakat.

Disampaikannya pembentukan TPAD ini berdasarkan Radiogram mendagri Nomor : t-900/634/Kedua tanggal 19 Februari 2016 yang mengamanatkan agar Bupati/Walikota membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di daerah masing-masing.

Olehkarenanya Ia berharap, TPAKD yang telah dikukuhkan ini agar segera menyusun program kerja sehingga dapat mengoptimalisasikan peran BUMDes melalui peningkatan status badan hukum berupa PT/Koperasi se-Sergai yang pada akhirnya dapat membuka akses keuangan bagi masyarakat sekitar melalui kegiatan usaha pada bidang keuangan.

Hingga saat ini katanya, jumlah BUMDes sampai Desember 2018 tercatat sebanyak 102 unit yang tersebar di 17 kecamatan.

“ Dengan terbentuknya TPAKD dapat mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di Sergai melalui terbukanya akses keuangan yang produktif sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan mewujudkan masyarakat sejahtera di Sergai”, terangnya.

Adapun susunan TPAKD Kabupaten Sergai yaitu Ketua Tim Pengarah Bupati Sergai, Wakil Tim Pengarah, Wakil Bupati Sergai, Anggota Tim Pengarah Kepala Otoritas Jasa Keuangan Regional 5 Sumatera Bagian Utara dan Kantor Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut.

Koordinator yang merupakan Sekdakab Sergai, Wakil satu Asisten Ekbangsos, Wakil dua Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan dan Sekretaris Kabag Perekonomian dan Pembangunan.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply