Ekonomi

Mengembangkan Bumdesa Diperlukan Dua Hal Ide dan Inisiatif

Sergai, DataMedan.com – Untuk mengembangkan mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) agar lebih berdaya guna bagi masyarakat, diperlukan dua hal, yaitu Ide dan Inisiatif. Hal ini untuk menentukan rencana bagaimana bisa mengembangkan BUMDesa agar bisa menjadi lebih maju lagi.

“Untuk melaksanakan ide dan  inisiatif tersebut, kita perlu belajar menjadi Leadership yang mempunyai ciri, pertama, tanamkan rasa bangga dengan kehadiran BUMDesa  yang dimiliki, kemudian yang kedua selalu menjaga stabilitas dengan menangkal berita hoax” demikian kata Bupati Sergai, H. Soekirman saat didapuk menjadi Narsum FGD For Training Assosiasi Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) se Sergai, di Prime Hotel Kuala Namu Deli Serdang, Jumat (08/11/2019).

Di samping kedua unsur tersebut, yang ketiga adalaha bertanggung jawab dalam menghadapi berbagai permasalahan, dan yang terakhir memiliki visi dengan mengembangkan ekonomi kerakyatan serta harus mempunyai semangat menjadikan BUMDesa itu berguna bagi masyarakat luas.

“Terkait tentang perubahan dunia yang sangat cepat dengan era digitalisasi maka kita harus menangkal berita hoax yang sangat merugikan kita, jika tidak kita lakukan, maka apa yang telah kita lakukan untuk kemajuan  BUMDesa dapat terhambat”, kata Bupati Soekirman.

Menurut Dia, saat ini teknologi sangat diperlukan untuk melakukan perubahan yang cukup besar. Selain itu juga diperlukan upaya dalam mengembangkan BUMDesa, salah satunya dengan mrngembangkan potensi wisata yang ada di desa.

“Olehkarenanya mari perkuat desa dengan teknologi, kebudayaan dan inovasi dengan mengembangkan wisata khususnya wisata tani disetiap desa dengan syarat adanya transportasi kemudian akomodasi, penginapan, konsumsi serta menyiapkan lokasi yang akan dijadikan objek wisata”, ungkapnya.

Sementara itu Ketua Panitia FGD Lukman Nur Hakim mengatakan,  kegiatan ini berlangsung mulai tanggal 8-10 November 2019, dengan peserta dari anggota BKAD dan Unit Pengelola Kegiatan (UPK), pengelola BUMDesa  se-Kabupaten Sergai sebanyak 91 orang diantaranya  44 laki laki dan 47 perempuan.

Kegiatan ini kata Lukman, bertujuan untuk menambah pemahaman kepada seluruh anggota BKAD agar dapat menjalankan tugas dengan baik guna mendukung program Pemkab Sergai.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply