Perda Pengelolan Persampahan Harus Mampu Membangun Karakter Masyarakat

Medan,- Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Irwansyah S.Ag, SH mengharapkan Peraturan Daerah nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan diharapkan mampu membangun karakter masyarakat yang peduli dengan lingkungannya. Pencapaian maksimal dari setiap produk hukum yang diciptakan adalah mengubah carapandang masyarakat menjadi lebih baik.

“Saya kira ini yang paling utama, Perda ini harusnya mampu mengubah pemahaman warga terhadap lingkungannya sehingga kedepan bisa lebih baik,” jelas Irwansyah saat menyampaikan Sosialisasi Peraturan Daerah nomor 6 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Persampahan di Jalan Madiosantoso, Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan Medan Timur, Minggu (06/02/2020).

Irwansyah sangat berharap, dengan penerapan perda ini bisa mengubah karakter masyarakat dalam memperlakukan lingkungannya dalam hal ini sampah. “Jadi jika perda ini tidak memiliki dampak terhadap perubahan karakter masyarakat terhadap lingkungannya maka kehadiran perda ini percuma saja,” paparnya dihadapan peserta sosialisasi yang rata-rata dihadiri kaum milenial.

Anggota Komisi III DPRD Medan ini mengajak seluruh kaum muda yang hadir untuk menjadi inisator kebersihan di Kota Medan. “Saya mengharapkan melalui sosialisasi ini, seluruh generasi muda yang hadir bisa menjadi inisiator kebersihan di Kota Medan,” ucapnya.

Dijelaskannya, dibeberapa Kota besar, sampah sudah tidak dianggap sebagai permasalahan. Hal ini ditunjukan, kehadiran sampah di tengah-tengah masyarakat sebagai solusi. “Kehadiran Bank sampah misalnya, membuktikan sampah sudah tidak menjadi masalah melainkan menjadi solusi sekaligus menjadi sumber pendapatan bagi masyarakat,” ucapnya.

Dengan kemauan yang keras dan dukungan dari Pemerintah, Irwansyah sangat yakin sampah di Kota Medan ke depan tidak lagi menjadi sumber masalah di Kota Medan seperti saat ini. “Jadi perlu kesungguhan bersama, kepedulian masyarakat, totalitas Pemerintah, insya Allah persoalan sampah di Medan bisa dituntaskan,” ucapnya.

Share DataMedan

Leave a Reply