Anggota DPR-RI Komisi III Dukung Pulau Berhala Menjadi Kawasan Eco Marine Tourism

Sergai,DataMedan.com – Anggota DPR-RI dari Komisi III, M Husni melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) untuk memberikan dukungan terhadap pengembangan Pulau Berhala menjadi Kawasan Eco Marine Tourism atau wisata bahari berwawasan lingkungan, beberapa waktu lalu. 

Didampingi Wakil Bupati (Wabup) Sergai H Darma Wijaya bersama unsur Forkompimda, M. Husni langsung meninjau dermaga yang digunakan untuk menuju Pulau Berhala di Desa Bagan Kuala Kecamatan Tanjung Beringin. 

M. Husni mengaku siap mendukung Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai melakukan pengembangan Pulau Berhala menjadi Kawasan Eco Marine Tourism atau wisata bahari berwawasan lingkungan.

“Jika Pemerintah Daerah dengan Pemerintah Pusat bersinergi, maka apa yang berat akan menjadi ringan dan apa yang dirasa sulit maka akan menjadi mudah. Untuk itu, kita selaku anggota DPR-RI siap mendukung pengembangan ini,”ungkapnya.

Dikatakan Husni, Pulau Berhala merupakan pulau terluar dari Provinsi Sumut, khususnya Kabupaten Sergai. Banyak hal yang bisa dilakukan di Pulau ini, sebab tempat ini memiliki banyak potensi yang bisa dikembangkan menjadi objek wisata. 

“Untuk itu, jika kita bekerjasama, bersinergi, dan semuanya memberikan apresiasi serta dukungan, maka mudah mudahan apa yang menjadi cita-cita dari masyarakat Sergai menjadi cepat terwujud,”ujarnya.

Terkait dengan pendidikan bela negara dan wawasan kebangsaan yang akan di pusatkan  di Pulau Berhala ini, menurut Husni hal ini adalah merupakan suatu kerja yang cukup luar biasa dari Pemkab Sergai dan Provinsi Sumut. 

“Jika kita berhasil dalam membangun Pulau Berhala, makan hal ini merupakan buah tangan yang akan kita tinggalkan untuk anak cucu para generasi penerus bangsa,” ucapnya.

Wakil Bupati Sergai, Darma Wijaya mengatakan bahwa Pulau Berhala memiliki keragaman yang sangat unik.

“Saya secara pribadi berkunjung dan bermalam di sana mendapatkan hal-hal yang sangat menarik, mulai dari hal mistis hingga melihat angin puting beliung yang mengelilingi pulau berhala, kesemua itu merupakan pengalaman yang tak terlupakan”, kata Darma Wijaya.

Darma Wijaya mengatakan, saat berada di Pulau Berhala, sebuah hal yang menarik juga bisa ditemui di Pulau tersebut yaitu melihat penyu-penyu berkembang biak. Perkembangbiakan penyu sangat susah di jumpai, melihat penyu yang bertelur itu merupakan kesan yang sangat menarik. 

“Keindahan Pulau Berhala sangat memanjakan mata, pantai yang bersih membuat kita enggan untuk beranjak pulang dari Pulau Berhala,”ujarnya.

Namun, kata Dia, untuk menuju ke Pulau Berhala tersebut ada yang kurang memadai yakni keberadaan dermaga dan kapal laut. Untuk Darma Wijaya berharap kepada Pemerintah Pusat agar membangun dermaga serta memberikan bantuan berupa kapal penumpang yang layak bagi wisatawan yang hendak berkunjung ke Pulau Berhala.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply