Peristiwa

Positif Corona Jadi 6 Orang, Sergai Masuki Zona Merah

Sergai, DataMedan.com – Kasus positif COVID-19 di Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara kembali bertambah. Dari data semula 5 orang, kini bertambah 1, menjadi 6 orang positif COVID-19 di Kabupaten Serdang Bedagai.

Juru Bicara Penanganan Percepatan COVID-19 Kabupaten Serdang Bedagai, H. Akmal mengatakan, korban seorang lelaki berusia 29 tahun, merupakan warga Sergai yang bekerja di Medan.

“Semula data kita 5 orang positif, kini bertambah seorang lagi positif seorang pria berusia 29 tahun, sesuai dengan hasil yang kami terima, kemarin”, kata Jubir COVID-19 Sergai, Akmal didampingi Kadis Kesehatan, dr. Bulan Simanungkalit, di Posko Gugus Tugas, Rumah Dinas Bupati Sergai, Sei Rampah, Jumat (05/06/2020)

Menurut Akmal, yang bersangkutan pada, Sabtu 23 Mei 2020 bersama anak dan istrinya pulang ke rumah orangtuanya di Perbaungan Sergai dengan kondisi demam dan batuk-batuk.

Lalu pada Senin, 25 Mei 2020 kembali ke Medan, dan tiga hari berselang berobat ke RS Columbia Asia lantaran demam dan batuk yang dideritanya tidak kunjung membaik. Kemudian dilakukan Rapid Test dan korban ditetapkan sebagai Pasien Dalam Pengawasan (PDP).

Pada tanggal 30 Mei 2020, korban menjalani PCR tes, bersamaan dengan itu Dinas Kesehatan Serdang Bedagai mendapat informasi adanya PDP asal Sergai yang sedang dirawat di RS.Columbia Asia Medan.

Pihak RS, kemudian kata Akmal, mengirimkan sampel slotnya atas nama pria positif tersebut ke RS Murni Teguh Medan. Pada Kamis, 4 Juni 2020 hasil menunjukkan korban positif COVID-19.

“Pada tanggal 4 Juni 2020, Kamis kemarin, hasil dari pemeriksaan terhadap yang bersangkutan menunjukkan positif SARS COVID-19 dan hingga kini masih menjalani pengobatan dan isolasi di RS Colombia Medan”, jelas Jubir Akmal.

Terkait dengan itu, Dinkes Sergai melalui petugas Puskesmas setempat melakukan pressing terhadap keluarga dan orang-orang yang melakukan kontak fisik dengan yang bersangkutan.

“Rencananya Dinas Kesehatan juga akan melakukan tes swab hari ini kepada keluarga dan orang-orang yang memiliki riwayat kontak fisik dengan yang bersangkutan”, ucap Akmal.

Akmal mengungkapkan, sebagai langkah antisipasi, Gustu Tugas melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Sergai akan melakukan penyemprotan desinfektan di sekitar rumah korban dan disekelilingnya.

Selain itu meningkatkan edukasi kepada masyarakat akan pentingnya menerapkan protokol kesehatan yaitu selalu memakai masker cuci tangan pakai sabun dan menjaga jarak, serta Physical Distancing ketika melakukan pressing terhadap orang-orang yang dekat dengan korban.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply