Ekonomi

PT Aquafarm Nusantara Bantu 50.000 Benih Ikan Tilapia Di Sergai

Sergai, DataMedan.com – PT Aquafarm Nusantara Indonesia melalui program KAMI PERDULI Regal Springs Indonesia memberikan bantuan 50,000 benih unggul ikan Tilapia kepada masyarakat dan kelompok tani ikan di Desa Melati 2, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, Kamis (03/09/2020).

Dian Octavia, Senior Manager Corporate Affairs & Community Regal Springs Indonesia mengatakan, pemberian bantuan 50 ribu benih ikan unggulan tilapia merupakan kelanjutan kemitraan PT. Aquafarm Nusantara Indonesia dengan Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai sebagai bagian dari Program Keberlanjutan “KAMI PERDULI” dan Mendukung Masyarakat dalam pilar Danau dan Air.

“Penyerahan bantuan dan penaburan benih ikan tilapia bagian dari program “KAMI PERDULI” Regal Springs Indonesia,” katanya.

Ia menjelaskan, kegiatan kedua adalah penyaluran benih Tilapia kepada empat Kelompok Budidaya Perikanan (POKDAKAN) Muhibah, Desa Arapayung, POKDAKAN Mitra Jaya Abadi, Dusun 6, Kecamatan Pantai Cermin dan POKDAKAN Gurami Jaya, Desa Melati 2, POKDAKAN Delta Maju Bersama, Desa Lidah Tanah, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai.

“Ada 40 ribu benih ikan tilapia diserahkan pada kelompok tani ikan dan 10 ribu benih ikan tilapia ditaburkan dialiran sungai Dam payung,” ungkap Dian.

Dian mengungkapkan, secara keseluruhan program “KAMI PERDULI” Regal Springs Indonesia telah memberikan bantuan 170.000 benih ikan tilapia, baik untuk kelompok tani ikan maupun penaburan benih ikan ke aliran sungai di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Tujuan pemberian dan penaburan benih ikan tilapia ke aliran sungai, untuk meningkatkan prekonomian petani ikan dan menjaga kelestarian ekosistim sungai,” bilangnya.

Ditempat terpisah, Kades Melati 2, Supardi mengucapkan terima kasih kepada PT Aquafarm Nusantara yang telah pemberian benih ikan tilapia kepada kelompok tani ikan di Desa Melati 2.

“Bantuan benih ikan tilapia ini sangat membantu dalam meningkatkan prekonomian petani ikan Desa Melati 2,” katanya.

Ia berharap, dengan adanya bantuan benih ikan ini, para kelompok tani ikan agar menjaga dan merawat benih ikan agar dapat berkembang biak sehingga dapat meningkatkan prekonomian para kelompok tani ikan Desa Melati 2.

“Kelompok tani ikan harus bisa menjaga dan merawat benih ikan yang didapat sehingga dapat berkembang sehingga prekonomian dapat meningkat,” ungkap Supardi.

Untuk benih ikan ditaburkan sekitar aliran sungai untuk meningkatkan prekonomian masyarakat. Kades ingatkan masyarakat agar jangan melakukan perusakan ekosistim sungai dengan di setrum dan di racun yang mengakibatkan habitat ikan di aliran sungai rusak.

“Ikan ditabur dialiran sungai untuk meningkatkan prekonomian masyarakat dan menjaga habitat sungai, sehingga jangan di setrum dan di racun,” bilangnya.

Sementara itu Kadis Perikanan Kabupaten Serdang Bedagai, Yuyun Panasilawati mengatakan, bantuan benih ikan tilapia sebanyak 50 ribu sangat membantu masyarakat khusus pembudidaya perikanan yang ada di Kabupaten Serdang Bedagai.

“Bantuan benih ikan ini sangat membantu masyarakat, khususnya pembudidaya ikan,” katanya.

Ia berharap, penaburan benih ikan di perairan umum akan sangat membantu dalam kelangsungan keberadaan ekosistim sungai, sehingga nantinya benih ikan yang telah berkembang biak dapat menambah penghasilan masyarakat Desa Melati 2.

“Semoga bantuan yang diberikan PT Aquafarm Nusantara terus berlanjut, serta dapat mendorong pihak swasta lainnya mengikuti jejak yang dilakukan pihak PT Aquafarm,” ucap Yuyun.(DM/01)

Share DataMedan

Leave a Reply