Uncategorized

Masyarakat Undang Bupati Asahan Gelar Tolak Baka

Asahan, Datamedan-Warga desa Kapias batu VIII kecamatan Tanjung Balai Asahan, undang Bupati Asahan untuk kenduri bersih desa serta tolak bala dalam masa pandemi wabah Covid 19, Selasa (22/9/2020). 

Bupati Asahan H.Surya dalam keterangannya mengatakan acara kenduri tolak bala yang diprakarsai DPD Pujakesuma Kecamatan Tanjung Balai ini merupakan upacara kirim doa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan kegiatan ini merupakan tradisi yang senantiasa dilakukan oleh etnis Jawa, dan kegiatan ini juga bukan hal yang syirik, ujarnya.


Bupati Asahan H.Surya juga mengatakan kegiatan kenduri yang dilaksanakan warga desa Kapias Batu VIII kecamatan Tanjung Balai Asahan ini juga merupakan ajang silaturahmi antar warga dengan pimpinan di desa dsn kecamatan ini, dan kegiatan seperti ini diharapkan untuk dapat  dilestarikan.

Pemerintah Kabupaten Asahan dalam melestarikan budaya bangsa ini juga telah mencanangkan dalam setiap dua tahun sekali di gelar acara Pekan Seni Budaya Daerah (PSBD), hal tersebut dilaksanakan agar seni budaya daerah yang ada di Asahan agar tetap lestari, sehingga anak cucu kita dapat mengetahui budaya yang ada disekelilingnya.


Dalam silaturahmi dan kenduri bersih desa serta tolak bala ini bupati Asahan juga  menyikapi keluhan warga masyarakat terkait sarana jalan yang sudah rusak, H.Surya mengatakan semua keluhan serta aspirasi warga masyarakat telah didata dan diinventarisir, dalam kesempatan ini juga H.Surya berpamitan selama kurang lebih selama 71 hari sejak tanggal 26 September hingga 05 Desember 2020 untuk menjalani cuti mengikuti kampanye Pilkada Asahan.


Sementara Syahrin Manurung tokoh masyarakat di desa tersebut mengatakan warga masyarakat di desa ini mendoakan H.Surya dalam pelaksanaan Pilkada Asahan 2020  mendatang mendapat kemenangan serta warga juga berharap dengan kemenangan Surya pembangunan yang sempat tertunda nantinya segera dilanjutkan, pungkasnya

Share DataMedan

Leave a Reply