Ekonomi

Bupati Sergai Pimpin Rapat Finalisasi LKPJ Tahun 2020

SERDANG BEDAGAI, – Bupati Serdang Bedagai (Sergai), Darma Wijaya meminta Organisasi Perangkat Daerah (OPD), untuk melaporkan hasil kinerja tiap bulan.

Hal itu disampaikannya saat memimpin Rapat Finalisasi LKPJ 2020, di Aula Sultan Serdang Kantor Bupati Sergai, Selasa (02/03/2021).

Darma Wijaya mengatakan, rapat finalisasi LKPJ 2020 ini bertujuan untuk memberikan manfaat dalam memantapkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan pembangunan kabupaten.

Penyusunan LKPJ ini, lanjutnya, pada hakikatnya merupakan progres report kinerja penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan serta disusun berdasarkan Perubahan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (P-RKPD) tahun 2020 yang merupakan penjabaran tahunan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021.

Ia menambahkan, hal ini juga merupakan suatu kewajiban Kepala Daerah sebagaimana diamanatkan dalam UU No. 23 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No 13 tahun 2019 tentang laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

“Rapat finalisasi penyusunan LKPJ merupakan salah satu fase yang penting dalam siklus mekanisme pelaporan penyelenggaraan pemerintahan daerah dalam penyusunan LKPJ sehingga nantinya dapat disusun secara baik dan benar. Data-data pendukung sebagai bukti dari laporan tersebut juga terpenuhi sehingga yang kita cantumkan dalam laporan merupakan data yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan”, kata Bupati Darma Wijaya

Mengakui ada beberapa kendala yang dialami dalam penyusunan LKPJ kali ini. Selain format yang masih baru, sosialisasi juga belum dilakukan oleh instansi terkait, sehingga hal ini perlu untuk segera diatasi.

Olehkarena Ia mengingatkan jika pihaknya ingin kedepannya laporan semua OPD diserahkan kepada pihaknya setiap bulannya untuk mengetahui progres dari pekerjaan masing masing OPD agar pekerjaan selesai sesuai waktunya.

Menyinggung perihal sikap proaktif OPD dalam menjaga kebersihan lingkungan kerja. Ia mengingatkan agar bersama-sama menjaga lingkungan sekitar supaya tetap bersih.

“Kebersihan ini adalah menjadi tugas setiap OPD. Mulai dari hal-hal sederhana seperti kebersihan toilet yang ada di setiap kantor, harus bersih dan tidak ada kesan kotor guna kenyamanan kita dalam bekerja”, pungkasnya.

Sebelumnya Kepala Bappeda Sergai Prihatinah, melaporkan, LKPJ merupakan catatan kinerja pemerintahan daerah secara utuh atas penyelenggaraan kebijakan pembangunan daerah dalam pencapaian visi dan misi Kabupaten Sergai dan implementasi pencapaian agenda pembangunan yang tertuang dalam RPJMD tahun ke-5.

Pada tahun 2020, APBD Sergai mencapai Rp 1,509 Triliun yang terdiri dari PAD, Rp 117,2 Miliar, Dana Perimbangan Rp 1,042 Triliun dan pendapatan daerah lainnya yang sah Rp 349,6 Miliar. Akan tetapi realisasinya masih belum 100% yaitu ada di angka 1,496 Triliun atau mencapai sekitar 99,15%.

“Dalam LKPJ Bupati 2020, masih terdapat kekurangan dalam pelaporan dari beberapa OPD. Melalui LKPJ ini diharapkan sejumlah OPD yang masih belum melengkapi dokumentasi agar segera memperbaikinya”, tegasnya.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply