65 views

Disahkan 6 Tahun Lalu, Perda Penanggulangan Kemiskinan Harusnya Bisa Mensejahterakan Warga

Medan,- Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Rudiawan Sitorus S.Fil.I, M.Pem.I menilai tinggi rendahnya angka kemiskinan disatu daerah menjadi parameter kesuksesan.

Hal ini disampaikan Rudiawan Sitorus saat menyampaikan Sosialisasi Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penanggulangan Kemiskinan di Kota Medan yang dilaksanakan di Jalan Kertas, Kelurahan Sei Putih Barat, Kecamatan Medan Petisah, Sabtu (09/10/2021).

“Kesuksesan pemerintahan disatu daerah bisa diukur salah satunya dengan berkurangnya angka kemiskinan. Kalau angka kemiskinan turun pemerintahannya bisa dibilang sukses, kalau naik berarti gagal,” ucap anggota Komisi III ini.

Politisi Dapil I Kota Medan ini mengatakan, Perda yang sudah disahkan sejak 2015 lalu seharusnya bisa memberikan dampak yang signifikan di masyarakat berupa menurunnya angka kemiskinan. “Perda ini jika kita lihat umurnya sudah enam tahun, seharusnya perda ini sudah berjalan. Mayarakat Medan seharuanya semakin hari semakin sejahtera,” ucapnya.

Untuk itu, Rudiawan menilai dalam mengoptimalkan peran perda ini di masyarakat, pemerintah harus memberikan porsi anggaran yang memadai, diantaranya terkait pemenuhan kesehatan, penyediaan lapangan pekerjaan/pelatihan serta ketersediaan pangan yang memadai.

“Kita menekankan agar masyarakat jangan sampai ada yang tidak bisa berobat karena ini amanah dalam perda ini. Perda ini juga mendorong agak Pemko menyediakan lapangan lapangan kerja khusunya utuk anak muda,” jelasnya.

Jika belum bisa memenuhi ketersediaan lapangan pekerjaan, Rudiawan menyarankan agar Pemko Medan bisa memberikan pemenuhan keterampilan kepada generasi muda.

“Jika penyediaan lapangan pekerjaan belum bisa maksimal, kita menyarankan agar Pemko Medan memberikan pelatihan keterampilan sehingga bisa meningkatkan mutu dan daya saing generasi muda,” jelasnya.

Dalam persoalan ini, Rudiawan juga mendorong Pemko Medan menghadirkan investor yang mampu menyediakan lapangan kerja bagi masyarakat Kota Medan.

Share DataMedan

Leave a Reply