Peristiwa

Kepling Harus Punya Andil Menciptakan Rasa Nyaman di Masyarakat

DataMedan,-Pemerintah Kota (Pemko) Medan didesak segera merealisasikan pembentukan Pos sistem keamanan lingkungan (Siskamling) di setiap lingkungan. Walikota Medan Drs Dzulmi Eldin supaya mengintruksikan kepada semua Lurah dan Kepling membentuk pos dan ronda malam yang melibatkan Kepolisian dan tokoh masyarakat.

“Saat ini situasi kota Medan kurang kondusif. Aksi kejahatan marak dimana mana. Perampokan, begal dan pencurian merajalela. Kondisi ini harus disikapi serius. Salah satunya dengan pembentukan siskamling disetiap lingkungan bahkan bisa lebih. Ini harus diprioritaskan, ” pinta anggota komisi A Roby Barus SH membidangi keamanan ini.

Untuk mendukung semua itu, menurut Roby selaku politisi PDIP ini mengatakan Pemko Medan harus menyiapkan sarana dan prasarana serta infrastruktur yang memadai. Seperti pembuatan posko, sarana lampu penerangan jalan umum (lpju) dan keperluan lainnya. “Ini sangat mendesak menyangkut kepentingan masyarakat umum, ” ujar Roby Barus.

Dikatakannya, Pemko Medan supaya mengalokasikan anggaran untuk itu. “Saat ini mau pengajuan R APBD Kota Medan 2018 supaya dapat ditampung. Kita juga saat reses banyak menerima keluhan masyarakat soal tindak kejahatan. Tentu harus kita sikapi. Masalah keamanan adalah hal paling utama, ” tambah Roby.

Sembari menunggu pembentukan Pos Siskamling yang permanen. Roby minta kepada seluruh aparat Kepling supaya memulai dan mempersiapkan sarana prasarana. “Artinya keamanan lingkungan itu adalah bagian tanggungjawab Kepling. Kepling harus punya andil menciptakan suasana kondusif di masyarakat, ” terangnya.

Dukung Pemanggilan MSDC

Sementara itu, terkait banyaknya keluhan masyarakat rumitnya persyaratan dan mahalnya biaya pengurusan Surat Izin Mendirikan (SIM) di Medan tetap menjadi perhatian Komisi A DPRD Medan.

Roby Barus yang juga mantan Ketua Komisi A ini tetap menyoroti pengurusan SIM diharuskan memiliki sertifikat yang dikeluarkan Medan Safety Driving Centre (MSDC). “Kita mendukung upaya Ketua Komisi A (red-Andi Lumbangaol) agar memanggil kembali pihak Kepolisian Satlantas dan MSDC. Pemanggilan guna mendengar duduk persoalan dan solusi. Seharusnya, pengurusan SIM harus dipermudah apalagi menyangkut hidup masyarakat miskin, supir angkot dan grab

Share DataMedan

Leave a Reply