Ekonomi

Bertemu Komisi D, Dinas Pertanian dan Perikanan Perlu Dukungan Anggaran

DataMedan,- Ke depan, keberadaan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) menjadi salahsatu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang patut mendapat porsi anggaran yang besar. Dalam visi nya, Distankan berupaya mewujudkan ketersediaan pangan yang halal, sehat bagi masyarakat di Kota Medan.

Inilah usulan yang disampaikan Anggota Komisi D DPRD Medan, H.Ahmad Arief SE, MM dalam evaluasi triwulan pertama anggaran 2018 yang dilaksanakan di Aula Distankan, Jalan Selambo, Medan Denai, Senin (30/04/2018) yang dipimpin langsung Ketua Komisi D DPRD Medan, Ir.Parlaungan Simangunsong.

“Kedepan Disnas ini perlu mendapatkan perhatian yang serius khusunya dalam anggaran. Kedepan, kita melihat sesuai visi nya dinas ini memiliki tugas yang sangat berat untuk itulah dalam mewujudkan visinya ini diperlukan anggaran yang besar,” jelas Ahmad Arief.

Dalam rapat yang dihadiri, Kepala Distankan Ir Ikhsar Risyad Marbun MSi, serta sejumlah anggota Komisi D DPRD Medan diantarnya, Deniel Pinem, Maruli Tua Tarigan dan Abdul Rani, Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) kota Medan ini mengatakan pekerjaan yang diemban Distankan sangat vital mengingat mereka menjadi salah satu kontrol ketersediaan pangan di Medan.

“Masalah ikan misalnya, selama ini kita tidak tahu dimana ikan yang baik itu bisa dibeli, ketersediaan daging, ternak dan lainnya,” jelas Arief seraya mengatakan pihaknya siap memberikan dukungan kepada Distankan dalam mewujudkan visinya.

Hal yang sama juga disampaikan Ketua Komisi D DPRD Medan, Parlaungan Simangunsong, kinerja Distankan patut mendapatkan apresiasi. Untuk di Sumatera Utara sekarang ini, baru Medan yang memiliki UPT Benih tanaman dan Ikan dimana setiap tahunnya dibagikan kepada masyarakat secara gratis.

“Ikan sampai jutaan ekor, begitu juga dengan bibit tanaman. Ini merupakan prestasi Dinas ini,” jelasnya.

Parlaungan juga mengapresiasi, meski dengan anggaran yang terbatas, Distankan mampu menunjukan prestasi dan kualitasnya dengan baik. “Bayangkan saya dengan minimnya anggaran, Dinas ini mampu memberikan terobosan dan prestasi yang baik sehingga bisa dicontoh oleh provinsi, Kota dan Kabupaten lain,” jelasnya.

Butuh Dukungan

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Distankan Ir Ikhsar Risyad Marbun MSi menyampaikan pihaknya berterimakasih atas dukungan anggota DPRD Medan kepada Dinas yang dipimpinnya. Diakuinya masih banyak persoalan yang harus dibereskan ke depan dalam mewujudkan visi Distankan, salah satunya adalah penyediaan rumah kopel untuk petugas jaga.

“Program yang kita usulkan adalah membangun rumah kopel untuk petugas jaga, ini sudah disampaikan ke Perkim, karena dinas kami tidak dalam tupoksi pembangunan fisik,” katanya.

Dijelaskan Ikhsar, rumah tersebut nantinya digunakan untuk petugas jaga terkait program Agro Wisata dimana petugas-petugas tersebut yang akan menjaga dan merawat tanaman yang ada. “Ini terobosan kita kedepan,” jelasnya.

Disampaikannya, yang terbaru dari Program Distanla adalah pembangunan Rumah Kaca untuk penangkaran Anggarek Bulan dan sudah berhasil. “Untuk rumah kaca ini masih ada kendala, ini perlu dukungan dari bapak-bapak semua. Dan penangkaran Anggrek ini sangat positif,” jelasnya.

Share DataMedan

Leave a Reply