Ekonomi

Zakat Merupakan Ketetapan Tuhan Menyangkut Harta

Sei Rampah, – Di dalam Islam zakat merupakan salah satu ketetapan Tuhan yang menyangkut harta, bahkan shadaqah dan infaq pun demikian.Karena Allah menjadikan harta benda sebagai sarana kehidupan untuk umat manusia seluruhnya, maka ia harus diarahkan guna kepentingan bersama.

Demikian ungkap Bupati Sergai, Ir. H. Soekirman dalam sambutannya membuka kegiatan pembinaan BAZNAS di aula Sultan Serdang Pemkab Sergai, Senin (14/5/2018).

Kata Bupati, perlu disadari angka kemiskinan di Sergai 9%, sekitar 54 ribu yang terdata dari seluruh masyarakat beragam agama, dan untuk data tersebut terdapat 30 ribu umat Muslim atau 5%.

“Mari berbuat untuk duniamu, angka kemiskinan umat Islam yang 5% tersebut hendaknya mari bersama-sama membangun tekad untuk menguranginya bahkan jika memungkinkan untuk dihapus”, kata Bupati.

Menurut Bupati, satu hal yang sangat strategis mengingatkan bahwa anggaran dana desa hendaknya dipergunakan tepat sasaran terutama dalam hal pengentasan kemiskinan melalui program pemberdayaan masyarakat.

“Saya merasa berkepentingan untuk ikut serta mengurangi angka kemiskinan karena para kaum dhuafa tersebut menjadi tanggung jawab semua masyarakat daerah tersebut termasuk pemimpinnya”, ucap Bupati.

Olehkarena itu H. Soekirman berharap kepada semua elemen harus meningkatkan kesadaran untuk saling peduli sesama agar tidak ada lagi kaum dhuafa yang ada disekitar dengan mengeluarkan zakat sesuai dengan ketentuan yang ada.

Sebelumnya Ketua Panitia Ibrahim Khalil menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan oleh MUI bekerjasama dengan BAZNAS Kabupaten Sergai diikuti oleh 130 orang peserta yang terdiri dari unsur pengurus MUI dan BAZNAS Kabupaten/Kecamatan se-Sergai.

“Kegiatan ini bertujuan memberikan pengetahuan dan ilmu kepada pengurus BAZNAS mengingat potensi zakat kita sangat besar, agar dapat digali dengan maksimal untuk dimanfaatkan dengan baik”, katanya.

Kegiatan diisi dengan paparan oleh narasumber serta penyerahan bantuan pinjaman modal usaha bergulir untuk bidang usaha Takjil Ramadhan secara simbolis kepada 60 UMKM Binaan BAZNAS Kabupaten Sergai.(Ind)

Share DataMedan

Leave a Reply