Ekonomi

Potensi Besar, Sergai Berpeluang Menjadi Sentra Pertumbuhan Ekonomi di Sumut

Sergai, DataMedan.com | Pemkab Sergai mengadakan Seminar Pembangunan Ekonomi dengan Thema, Peluang dan Tantangan Perekonomian Kabupaten Serdang Bedagai Pasca Pembangunan Jalan Tol Medan-Kualanamu-Tebingtinggi (MKTT), di Aula Objek Wisata Theme Park Pantai Cermin, Selasa (3/12/2019).

Yusak Maryuanta dari USU, dan Facrulsyah Mega dari Kaukus Kemitraan Indonesia Untuk Pencapaian Kesejahteraan Pelaku Usaha, dipercaya sebagai Narasumber Seminar yang diikuti pelaku UKM se-Sergai.

Sementara Pengusaha Dodol Sejahtera Pasar Bengkel, Rita Maizar, bersama pengusaha keripik gosong Sergai, Ahmad Zaki diminta untuk memaparkan kisahnya (Succes Stroy) sebagai pengusaha sukses untuk memberi motivasi kepada para pelaku UKM.

Bupati Sergai Ir, H. Soekriman melalui Sekda Faisal Hasrimy dalam kesempatan itu mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini terutama pada narasumber yang sangat berkualitas serta dapat memotivasi para pelaku UKM.

“Dengan penyampaian narasumber hari ini, birokrat di Sergai dapat keluar dari zona nyaman, dan tidak terus menerus menjadi robot yang berperilaku stagnan serta tidak berkembang”, kata Sekda.

Ia berharap peserta yang hadir dapat menularkan succes story kepada masyarakat khususnya di Pasar Bengkel sehingga dampak negatif pembangunan jalan tol dapat dihindari serta memunculkan berbagai inovasi dalam distribusi produk UMKM Sergai.

Disampaikannya, pada 7 Januari 2020 nanti, HUT Sergai ke 16 akan ada berbagai kegiatan, diharapkannya pada saat kegiatan tersebut Pemkab Sergai akan melakukan pameran secara online, agar dapat lebih efektif dengan pemanfaatan teknologi.

Kepada seluruh OPD Ia meminta untuk mempersiapkan dan menyajikan produk inovasi masing-masing dan menguploadnya kedalam website serta menyebarkan melalui media sosial agar memudahkan masyarakat mengaksesnya.

“Untuk itu kami akan menginstruksikan kepada seluruh OPD untuk menggunakan produk lokal dalam setiap kegiatan untuk majunya UMKM di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini”, ucap Faisal Hasrimy.

Sedangkan Narasumber Facrulsyah Mega dari Kaukus Kemitraan Indonesia Untuk Pencapaian Kesejahteraan Pelaku Usaha memaparkan bahwa Sergai harus menjadi sentra kekuatan pertumbuhan ekonomi yang baru di Sumut sebab potensinya sangat besar.

Beberapa hal yang harus dakukan untuk mewujudkan hal tersebut antara lain pusat wisata kuliner Nusantara, Pusat Hiburan Tradisional Nusantara, Pusat Perkulakan Hasil Pertanian dan Perikanan Berbasis IT, serta Pusat Industri Rakyat yaitu Perikanan, Pertanian dan Ekonomi Kreatif.

“Prasyaratnya yaitu paradigma tatakelola pemerintahan berbasis enterpreneurship, pelayanan publik berbasis IT, serta mewujudkan insfratruktur berstandar nasional. Jadi kita harus bergerak untuk berubah, agar tidak tertinggal dari daerah lain”, tegasnya.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply