Uncategorized

Diskominfo Asahan Sebut Desa Perlu Kemajuan Digital

Asahan,Datamedan-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Asahan melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Asahan menggelar Ekspos Program Desa Internet Mandiri 2020 di Aula Melati Kantor Bupati Asahan, Rabu (12/02/2020).


Tujuan daripada program ini ialah berdasarkan hasil pantauan lapangan bahwa Belum tersedianya jaringan internet di seluruh desa serta kemampuan keuangan daerah yang terbatas.


“Digital teknologi sangat penting kita terapkan, ini merupakan tujuan dari program ini dan ininjuga memili dasar Hukum Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 Tentang Desa, Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2015 Tentang Perubahan atas Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 Tentang Dana Desa yang bersumber dari APBN, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Nama Domain,”ujar Sekretaris Kominfo Asahan, Nirwan Pase.


Kegiatan tersebut juga diikuti Para Camat-Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Asahan, Selanjutnya, Peraturan Daerah Kabupten Asahan Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Pembentukan Perangkat Daerah Kabupaten Asahan dan Peraturan Bupati Asahan Nomor 18 Tahun 2017 Tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintah Desa Dalam Daerah Kabupaten Asahan.


Ia mengatakan saat ini akses internet belum merata di seluruh Indonesia terutama di kawasan pedesaan. Berdasarkan Pasal 86 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2014 Tentang Desa, Bahwa Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi desa.

Lebih lanjut Nirwan mengatakan, kendala yang dihadapi saat ini adalah belum tersedianya jaringan internet di seluruh desa serta kemampuan keuangan daerah yang terbatas. Untuk itu Organisasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) menawarkan kerjasama melalui program desa internet mandiri. Konsep desa internet mandiri ini yaitu pembangunan infrastruktur internet bagi masyarakat di desa yang tidak mengandalkan dana dari APBN.

Sekretaris Dinas Kominfo berharap kepada seluruh peserta agar mengikuti ekspos ini dengan sebaik-baiknya, gunakan kesempatan ini untuk memperdalam tentang pentingnya internet ditingkat desa. Apalagi tahun ini adalah tahun Pilkada serentak sehingga akses internet ini sangat penting dalam penyampaian informasi secara cepat.

“Kepada APJII saya berharap kiranya dapat memberikan pemahaman kepada para Lurah dan Kepala Desa tentang pentingnya kedaulatan digital bagi masyarakat desa,” ucap Nirwan.

Narasumber pada kegiatan Ekspos Program Desa Internet Mandiri 2020 yakni Kepala Bidang Keanggotaan Organisasi Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII), Handoyo Taher dan Kepala Bidang Teknologi dan Informatika Dinas Komunikasi Dan Informatika Asahan, Zulkarnain SE MSi.

Share DataMedan

Leave a Reply