Peristiwa

Tangani Covid-19, Pemkab Sergai Gandeng Beberapa RS Swasta

Sergai, DataMedan.com, – Guna melakukan penyusunan strategi penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) menggandeng beberapa Rumah Sakit Swasta untuk menjadi rujukan awal penanganan Covid-19 di Sergai.

Pemkab Sergai melalui Bupati Soekirman, mendorong agar RS tersebut memiliki ruang isolasi sehingga ketika ada kasus bisa ditangani secara cepat, sebelum dirujuk ke RS Adam Malik Medan.

“Kita bukan berharap besok ada pasien penderita Covid-19 yang akan di rawat di sini. Akan tetapi jika RS Melati, bersama RS Pabatu dan Trianda bisa menjadi yang terdepan untuk berupaya sekuat tenaga mempunyai ruang isolasi, itu merupakan upaya yang luar biasa. Sebab RS rujukan kita masih ada di Medan yaitu RS Adam Malik dan RS F.L Lumbantobing di Tanjung Morawa”, kata Bupati Soekirman pada pertemuan penanganan Covid-19 dengan seluruh RS di Sergai, Jumat (03/04/2020) di Aula RS Melati Perbaungan.

“Kita membayangkan jika ada orang yang dicurigai terpapar virus kemudian pergi ke Medan malah dikhawatirkan justru dipulangkan juga yang akhirnya terombang-ambing dan tidak diketahui secara pasti apakah dia terkena virus atau tidak sehingga menjadi bertambah sakit karena dipindah kesana-kemari”, ujarnya.

Olehkarenanya Bupati mengapresiasi terhadap manajemen seluruh RS di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat yang telah membantu pemerintah sesuai dengan imbauan Presiden RI dan Gugus Tugas Nasional dalam rangka penanganan virus Corona ini.

“Kepanikan adalah sebagian dari penyakit dan ketenangan adalah separuh dari obat. “ Meskipun belum minum obat, jika tetap tenang dan tidak panik maka kita akan separuh baik ditambah kesabaran mudah-mudahan menjadi kesembuhan”, ujar Bupati.

Bupati menekankan agar segera ditindaklanjuti yaitu yang pertama, agar alat rapid test diusahakan dapat segera diberikan kepada RS Rujukan, kemudian kedua, pemenuhan Alat Pelindung Diri (APD) guna memberikan rasa aman bagi tenaga medis sebagai garda terdepan.

Selanjutnya tetap melaksanakan sosialisasi tentang bahaya dan pencegahan Corona serta yang keempat jangan panik agar dapat menanggulangi virus ini dengan bersama-sama sehingga menjadi lebih baik.

Kadis Kesehatan dr Bulan Simanungkalit, mengapresiasi dan menyampaikan kebanggaan atas hadirnya Direktur RS Pabatu, RS Melati, RS Trianda, RS Sawit Indah dan yang lainnya, pada pertemuan tersebut.

Ia mengatakan, sini penyebaran Covid-19 di Indonesia khususnya di Sergai, beberapa RS ini sangat cepat dan siaga untuk membantu Pemerintahan di dalam memutus rantai penyebaran pandemi Covid-19 ini.

“RS di sini sangat siap dan tidak pernah ada penolakan pasien baik ODP maupun PDP. Kita sudah berikan apresiasi kepada pihak RS dengan memberikan APD sesuai yang diamanatkan oleh pimpinan daerah dan kita upayakan memberikan APD tersebut walaupun masih dalam keadaan keterbatasan. Semua pimpinan RS pemerintah maupun swasta masih terus berusaha dalam pemenuhan kebutuhan APD ini,” kata Kadis Kesehatan.

Sedangkan, dr. Hariman selaku dokter Spesialis Paru menyampaikan, paparan pencegahan dan penanganan Covid-19 dengan segera dilakukan langkah test melalui metode yang ada seperti rapid test, swap test ataupun yang lainnya, sehingga jika ditemukan kasus positif agar segera dikarantina guna menghindari penyebarannya.

“Untuk pencegahan, kita harapkan dilakukan pemeriksaan awal seperti Rapid Test, Swap test atau lainnya, sehingga kalau ketemu kasus nanti bisa langsung dikarantina, untuk menghindar penyebarannya”, jelas dr. Hariman.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply