Peristiwa

Bupati Sergai, Soekirman Positif Terpapar COVID-19

Sergai, DataMedan.com – Bupati Serdang Bedagai (Sergai), H. Soekirman mengakui dirinya positif terpapar COVID-19. Kabar terpaparnya Bupati diperkuat dengan video unggahannya di akun Facebook Soekirman, yang menjelaskan tentang kondisinya saat ini.

Dalam video yang diunggahnya diakun Facebook Soekirman, Selasa (15/09/2020) itu, Bupati Sergai mengatakan dirinya dalam kondisi sehat meski dinyatakan terpapar COVID-19, setelah menjalani Polymerase Chain Reaction (PCR) Test yang hasilnya keluar Senin 14 September 2020 kemarin.

Dalam video itu Soekirman menjelaskan tidak menyadari bahwa dirinya terpapar COVID-19, atau disebutnya Orang Tanpa Gejala (OTG), sebab kondisinya dalam keadaanya sehat, tidak ada demam, batuk, flu seperti gejala COVID-19 pada umumnya, bahkan suhu tubuhnya masih normal 36,4 derajat celcius.

Olehkarena itu atas kejadian tersebut, Bupati mengimbau kepada masyarakat Sergai agar menjalankan protokol kesehatan secara ketat, yaitu dengan menggunakan masker, mencuci tangan secara benar dengan sabun, menjaga jarak aman serta mengkonsumsi makanan sehat.Baca Juga:  6 Bulan Perangkat Desa Tak Gajian, Pjs Bupati Sergai Akan Terbitkan Perbup Perubahan ADD

“ Dalam kondisi seperti saat ini, di mana banyak wilayah sudah masuk zona merah, maka lebih baik kita waspada dan berhati-hati dengan seluruh orang di sekitar kita,” tuturnya.

Bupati menyebut untuk saat ini dirinya akan menjalani pemulihan sehingga membutuhkan istirahat total. “Mohon doa agar saya segera sembuh dan mudah-mudahan dapat kembali bekerja seperti biasa,” pungkasnya.

Sementara itu Juru Bicara Gugus Tugas Sergai, Akmal saat dikonfirmasi mengatakan, sebelumnya pada tanggal 25 Agustus lalu, Bupati juga sudah menjalani pengambilan sampel swab dan hasilnya negatif. Namun kemarin sore, Bupati kembali menjalani PCR test dan hasilnya dinyatakan positif COVID-19.

Terkait langkah antisipasi yang akan dilakukan Gugus Tugas Sergai, Akmal menyebut Bupati Soekirman telah menjalani isolasi di RS untuk memastikan kesehatannya tetap terpantau lalu akan dilakukan tracing kontak melalui Dinkes Sergai terhadap orang yang menjalin kontak erat dengannya.

“Melalui Dinas Lingkungan Hidup juga akan dilakukan proses disinfeksi di Komplek Kantor Bupati dan tempat-tempat yang mungkin dikunjungi beliau dan selanjutnya dilakukan swab bagi pejabat Pemkab Sergai yaitu Kepala OPD dan PPT Pratama, Kabag, Direktur RSUD Sultan Sulaiman dan Camat se-Kabupaten Sergai, semua Komisioner KPU dan Sekretariat KPU Sergai dan selanjutnya juga dibuka 2 hari pemeriksaan Rapid Test bagi ASN yang merasa kontak di hari sebelumnya dengan Bupati yaitu pada tanggal 15 dan 16 September di Poliklinik Bersaudara Dinkes Sergai,” tandasnya.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply