Peristiwa

Warga Minta Pemko Medan Perhatikan Kesejahteraan Guru MDTA dan Penerapan Ijazah MDTA

Medan,- Masyarakat Kota Medan mengaku prihatin dengan perkembangan Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA) terlebih sekarang dimasa pandemi. Hal ini mengemuka dalam Sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Nomor 5 tahun 2014 tentang Wajib Belajar Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA), Anggota DPRD Medan Fraksi Patai Keadilan Sejahtera (FPKS) Irwansyah S.Ag, SH di Jalan Madio Santoso, Kecamatan Medan Timur, Ahad (28/03/2021).

“Kita sangat prihatin, sekarang semakin sedikit jumlah siswa MDTA, dibandingkan ditahun 2016 yang siswanya masih banyak,” kata Latif Irfan, S.Pd salah seorang pengajar MDTA.

Tidak hanya itu, Irfan juga mendorong agar Pemerintah Kota Medan menerbitkan ijazah MDTA yang nantinya dipergunakan saat masuk ke SLTP. “Soal ijazah kami juga mengharapkan bisa segera diterbitkan dan pemberlakuan ijazah untuk jenjang berikutnya bisa diterapkan,” harapnya seraya mengatakan agar DPRD dan Pemko Medan memperhatikan gaji guru MDTA yang kurang memadai. Sementara itu, Sri Lela Wati, S.Pd.I. menyampaikan agar perda tentang MDTA lebih serius ditegakkan, sehingga sosper tidak berlalu begitu saja.

Dalam kesempatan tersebut, Anggota DPRD Medan Irwansyah S.Ag enyampaikan sekolah MDTA wajib bagi yang beragam islam setidaknya selama 2 tahun. Pihaknya juga mendorong adanya Perwal untuk lebih menegaskan pelaksanaan Perda No. 5 Tahun 2014 tentang wajib belajar Madrasah Diniyah Takmiliyah Awaliyah (MDTA).

“FPKS terus mendorong agar Perda ini diterapkan di masyarakat dengan dikeluarkannya Perwal sebagai petunjuk teknis pelaksanaan Perda ini,” ungkapnya.

Irwansyah juga mengatakan, akan menyampaikan sejumlah masukan dan saran warga dalam pelaksanaan Sosper seperti kesejahteraan MDTA, dan penerapan ijazah.

Seperti diketahui, Sosper kali ini dihadiri 200 konstituen yang diwakili oleh perwakilan Perkumpulan Persaudaran Putra Solo (P3S) Sumatera Utara. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPD PKS Kota Medan Ustadz Kasman Lubis, Lc.,MA. dan Anggota DPRD Sumut Bapak Jumadi M.I.Kom.

Share DataMedan

Leave a Reply