Ranwal RPJMD Kota Medan 2021- 2026 Disepakati

Medan,-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan bersama Pemerintah Kota Meda menyepakati Rancangan Awal (Ranwal) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Medan 2021-2026.

Kesepakatan itu diambil dalam sidang paripurna DPRD Kota Medan, Selasa (27/4/2021) yang di tandai dengan penandatanganan persetujuan bersama oleh Wali Kota Medan, M. Bobby Afif Nasution bersama Ketua DPRD Hasyim dan Wakil Ketua Ihwan Ritonga, Rajudin Sagala dan T. Bahrumsyah.

Dalam sambutannya, Bobby, mengucapkan terima kasih kepada DPRD Medan yang telah menyetujui Ranwal RPJMD Kota Medan tahun 2021-2026. “Penyusunan Ranwal RPJMD Kota Medan merupakan rangkaian yang berkesinambungan, mulai dari tahap persiapan, rancangan teknokrat hingga konsultasi publik,” katanya.

Rancangan teknokratik RPJMD, kata Bobby, menjadi salah satu input bagi penyusunan Ranwal RPJMD menyesuaikan dengan visi misi Wali Kota Medan terpilih.

Selain itu, kata Bobby, Ranwal RPJMD ini juga telah disampaikan dalam forum konsultasi publik pada tanggal 7 April 2021 guna menjaring aspirasi, masukan dan saran seluruh pemangku kepentingan terhadap tujuan dan sasaran serta strategi arah kebijakan pembangunan Kota Medan tahun 2021-2026.

“Visi misi Wali Kota dan Wakil Wali Kota terpilih yakni terwujudnya masyarakat Kota Medan yang berkah, maju dan kondusif. Karenanya, Ranwal RPJMD yang telah disepakati ini, bisa mewujudkan visi misi Kota Medan,” harap Bobby.

Medan Berkah, sebut Bobby, bertujuan untuk mewujudkan Kota Medan yang berkah dengan memegang teguh nilai-nilai keagamaan. Medan Maju, kata Bobby, bertujuan untuk memajukan masyarakat Kota Medan melalui revitalisasi pelayanan pendidikan dan kesehatan modern serta terjangkau oleh semua.

Sedangkan Medan Bersih, sambung Bobby, bertujuan untuk menciptakan keadilan sosial melalui reformasi birokrasi yang bersih, profesional, akuntabel dan transparan berlandaskan semangat melayani masyarakat. Medan Membangun bertujuan akan membangun sarana dan prasarana guna mendukung peningkatan perekonomian dan potensi lokal masyarakat.

“Medan Kondusif bertujuan untuk mewujudkan kenyamanan dan iklim kondusif bagi segenap masyarakat melalui peningkatan supremasi hukum berbasis partisipasi masyarakat. Sedangkan Medan Inovatif, mewujudkan Kota Medan sebagai ekonomi kreatif dan inovatif serta Medan Beridentitas bertujuan mewujudkan Kota Medan yang beradap, santun, harmonis, toleran dalam kemajemukan demokratis dan cinta tanah air,” jelas Bobby.

RPJMD ini, tambah Bobby, menjadi acuan Pemko Medan dalam merencanakan pembangunan lima tahun ke depan dengan memaksimalkan seluruh potensi dan sumber daya pembangunan.

“Makanya, Pemko Medan memprioritaskan 5 program pembangunan, di antaranya,l peningkatan pelayanan kesehatan, penanganan dan pengelolaan persampahan, peningkatan kualitas infrastruktur, pembangunan kawasan heritage Kesawan serta penanganan banjir,” ungkap Bobby.

Bobby berharap, prioritas pembangunan tersebut dapat memecahkan permasalahan pembangunan daerah yang langsung berhubungan dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat dan perbaikan kualitas layanan publik serta peningkatan daya saing daerah, sehingga dapat mewujudkan Medan kota yang berkah, maju dan kondusif.

“Saran, masukan dan rekomendasi yang disampaikan oleh DPRD nantinya merupakan catatan strategis yang dapat di jadikan masukan perbaikan dalam penyempurnaan Ranwal RPJMD Kota Medan tahun 2021-2026,” harap Bobby.

Share DataMedan

Leave a Reply