Politik

Irwansyah S.Ag, SH Ingatkan Warga Soal Potensi Penyebaran HIV/AIDS di Kota Medan

Medan, – Anggota DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) Irwansyah S. Ag, SH mengingatkan soal potensi penyebaran HIV/AIDS di Kota Medan yang merupakan Kota yang menjadi tempat persinggahan orang dari berbagai Kota dan negara.

Kekhawatiran ini disampaikan Irwansyah saat melaksanakan sosialisasi Peraturan Daerah (Sosper)
Nomor 1 Tahun 2012 tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS di Kota Medan yang dilaksanakan di Jalan Madiosantoso, Kelurahan Pulo Brayan Darat I, Kecamatan Medan Timur, Sabtu (22/05/2021).

“Kondisi Medan yang menjadi kota besar dan menjadi persinggahan orang dari berbagai kota menjadi potensi besar tersebarnya penyakit HIV/AIDS, ” ungkap Irwansyah.

Politisi Dapil 3 Kota Medan ini mengatakan, dengan adanya potensi ini,  harapan kepada masyarakat agar senantiasa mewaspadainya seperti terkait pergaulan bebas, narkoba dan sejenisnya.

“Dengan Perda ini, Pemerintah berupaya memberikan proteksi kepada masyarakat agar mewaspadai potensi penularan penyakit ini terutama bagi kalangan generasi muda, ” jelasnya.

Irwansyah juga mengingatkan pentingnya ketahanan keluarga harus menjadi benteng penting dalam menghindarkan dari terpaparnya penyakit HIV dan AIDS.

“Ketahanan keluarga juga sangat penting dalam menjaga dan menghindarkan dari penularan penyakit ini, ” jelasnya.

Selain itu, Irwansyah juga mengingatkan masyarakat perlu diperhatikan proses transfusi darah agar lebih steril sehingga potensi penularan HIV/AIDS dari jarum suntik juga dapat dihindarkan.

“Perlu ditingkatkan pola hidup yang sehat dan religius sebagai upaya menjauhkan penularan penyakit HIV/AIDS, ” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga mengajak masyarakat dan pemerintah agar memperhatikan kondisi penderita HIV yang cenderung termarginalkan.

Dalam kesempatan tersebut, Ustadz Syakira Zandi, M.Si. Ketua PUI (Persatuan Umat Islam) Sumut  Mengapresiasi anggota DPRD Medan yang turun ke masyarakat menyampaikan perda tentang pencegahan dan penanggulangan HIV/AIDS.

“Kamu sangat berterimakasih dengan asanya Sosper ini, masyarakat lebih mengetahui. Kami juga meminta agar disampaikan perda-perda lain, terutama perda tentang parkir, ” harapnya.

Sementara itu, Datuk Iskandar Muda, A.Md. Ketua BPC 3 (Bidang Pembinaan Cabang) menyampaikan sosper merupakan momen silaturrahim anggota dewan dan konstituennya yang diharapkan semakin mempermudah tersampaikannya program-prigran pemko Medan di Masyarakat.

Share DataMedan

Leave a Reply