Darma Wijaya Berkeinginan Jalin Kerjasama dengan Seniman I Nyoman Nuarta untuk Benahi Wisata di Sergai

SERDANG BEDAGAI, – Meski disibukkan dengan kerja intensif percepatan penanganan pandemi Covid-19, Bupati Serdang Bedagai (Sergai) H. Darma Wijaya dan Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, tidak lantas meninggalkan sektor penting lain, salah satunya pembangunan pariwisata di Tanah Bertuah Negeri Beradat.

Kesungguhan tersebut terlihat ketika Bupati mengunjungi salah seorang seniman kenamaan nasional, I Nyoman Nuarta, di galeri miliknya, di NuArt Sculpture Park, Jalan Setra Duta Raya No.L6, Ciwaruga, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Senin (13/12/2021).

Kepada I Nyoman Nuarta, yang dikenal luas berkat karya-karya masterpiece seperti monumen Proklamasi Indonesia, patung Garuda Wisnu Kencana di Bali dan desain Istana Negara yang baru, Bupati menyampaikan keinginannya untuk menjalin kerja sama demi memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Sergai.

“Sergai dikaruniai Tuhan dengan garis pantai yang cukup panjang, sekitar 51 KM. Hal itu menjadikan area pantai sebagai objek wisata unggulan. Pantai-pantai di Sergai sudah dikenal luas oleh wisatawan lokal maupun luar daerah,” sebut Bang Wiwiek, sapaan akrabnya.

Tidak cuma pantai, dirinya juga mengatakan jika Sergai punya aset destinasi wisata menarik lainnya seperti arung jeram, air terjun dan jenis wisata non-alam seperti kebudayaan dan sejarah.

“Hal yang mendukung adalah letak Sergai yang bisa dibilang cukup strategis karena dilewati 5 pintu tol yaitu Perbaungan, Teluk Mengkudu, Sei Rampah, Tebing Tinggi, dan yang masih dalam pengerjaan yakni pintu tol Dolok Merawan. Jalur tol ini terhubung langsung ke ibu kota provinsi, Medan, dan Bandar Kualanamu. Bahkan diproyeksikan, Sergai juga sebagai bagian dari jalur Tebing Tinggi-Siantar-Prapat,” cetus Bang Wiwiek.

Posisinya yang strategis ini, yakin Bupati, menjadi modal penting untuk membangun konsep wisata menarik yang terbentuk dari sinergis antar daerah yang bertetangga dengan Sergai.

“Konsep ini tidak hanya berfokus ke aset wisata yang ada di dalam satu daerah saja tapi membaurkan potensi antar wilayah sehingga bisa sama-sama membangun, sama-sama menguatkan. Misalnya sebelum wisatawan mau ke Danau Toba, bisa lewat ke Sergai dulu buat menjajaki destinasi wisata di sana. Sekali jalan, bisa mampir ke banyak pilihan tempat,” katanya.

Dengan berbagai rencana itu, Bupati berharap kesediaan I Nyoman Nuarta mau berkolaborasi untuk terlibat mewujudkan “wisata Sergai yang Maju Terus”, sebagai salah satu program unggulan Darma-Adlin yang termakhtub dalam Sapta Dambaan (Sabda). 

I Nyoman Nuarta menyambut baik ajakan kerja sama Bupati. Seniman yang dikenal dengan karya patungnya ini mengatakan, akan segera menurunkan tim untuk turun langsung meninjau potensi wisata Sergai yang bisa dikembangkan lagi.

“Tim nanti akan melihat, mengkaji dan kemudian menyusun studi rencana yang paling tepat untuk mengembangkan sektor wisata di Sergai,” janjinya.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply