Pemkab Sergai Wacanakan Syarat Bisa Baca Al-Qur’an Masuk SMP

Sergai, – Bisa membaca Al-Quran hendaknya menjadi salah satu syarat bagi Lulusan Sekolah Dasar (SD)/sederajat, saat akan mendaftar ke Sekolah Menengah Pertama (SMP)/sederajat di Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai).

Keinginan tersebut disampaikan Bupati H Darma Wijaya ketika bersilaturahim dengan Bilal Mayit dan Guru Mengaji se Kecamatan Sei Rampah di Balai Karyawan Perkebuman Sei Parit Desa Parit, Kecamatan Sei Rampah, Senin, (25/07/2022)

Darma Wijaya optimis dengan keinginannya dan bisa diterapkan dalam waktu dekat. Oleh karenanya Ia mendorong efektivitas guru mengaji di Sergai. Memurutnya, kebanyakan Guru Mengaji ikhlas beramal, namun sebagai wujud dukungan, Pemkab Sergai memberikan santunan sebesar Rp.1000.000 pertahun kepada Bilal Mayit dan Guru Mengaji.

Bupati Sergai yang akrab disapa Bang Wiwiek ini merinci, jika sumber dana yang dialokasikan bersumber dari zakat Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab Sergai.

“ Program yang kami buat ini sebagai upaya dalam mewujudkan visi Kabupaten Sergai yang Maju Terus; Mandiri, Sejahtera dan Religius,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan jika Pemkab Sergai juga memberikan Jaminan Ketenagakerjaan bagi Bilal Mayit dan Guru Mengaji denganmengikutsertakan mereka dalam BPJS Ketenagakerjaan yang iurannya dibayar dengan besaran perorangnya Rp.192.000/tahun yang diambil dari dana Baznas. Selain itu, jika ada yang meninggal dunia, maka akan diberikan santunan sebesar Rp. 42 jt yang diberikan kepada ahli waris dari BPJS Ketenagakerjaan.

Demikian juga jika terjadi kecelakaan, maka akan diberikan santunan sesuai dengan ketentuan dari BPJS Ketenagakerjaan.

Pelaksana tugas (Plt) Camat Sei Rampah, Rahmat Suhendra Damanik turut mendukung penuh kebijakan Bupati Darma Wijaya. Ia memastikan bahwa seluruh Bilal.Mayit dan Guru Mengaji di Kecamatan Sei Rampah mendapatkan santunan dan keikutsertaan pada BPJS Ketenagakerjaan.

“ Kebijakan ini sangat mulia dan kita sudah tentu harus mendukung dengan sebaik-baiknya,” imbuhnya.

Sedangkan Wakil Ketua Baznas Ustad. Zarkasih dalam paparannya menerangkan bahwa pihaknya berterimakasih kepada Bupati yang sangat concern dalam mengerahkan gerakan zakat bagi ASN.

Diterangkannya bahwa dari 5 bidang yang dikelola Baznas salah satunya adalah Dakwah dan Advokasi. Pemberian santunan terhadap Bilal Mayit dan Guru Mengaji ini merupakan bagian di dalamnya.

“ Semoga gerakan Dakwah ASN yang sudah berjalan terus berlanjut agar dapat disalurkan kepada masyarakat guna terwujudnya visi Bupati Maju Terus,” tutup Ustad Zarkasih.

Acara dilanjutkan dengan ramah tamah sekaligus pemberian santunan dan pemberian kartu keikutsertaan BPJS Ketenagakerjaan bagi 10 orang perwakilan.(DM/02)

Share DataMedan

Leave a Reply