Ekonomi

DPRD Medan Dukung Pemkot Medan Berikan Bantuan Kepada Koptan


Medan, Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) memberikan bantuan rumah jamur kepada Kelompok Tani (Koptan) Nusa Jadi Kelurahan Tangkahan, Kecamatan Medan Labuhan. Bantuan yang diberikan sebagai upaya pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat.

Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Medan, Surianto, mendukung langkah yang telah di lakukan Pemkot Medan itu. “Kiranya pemberian bantuan itu tidak hanya berhenti sampai di situ saja, tetapi harus diberikan pendampingan secara menyeluruh,” pintanya menjawab wartawan di Medan, Jumat (5/8/2022).

Pendampingan yang di maksud, kata pria yang akrab disap, Butong, itu Dinas Ketapang harus turut serta melihat dan membantu proses jalannya pertanian yang di lakukan Koptan tersebut dengan konsep urban farming. “Artinya, Dinas Ketapang juga harus turut serta membantu Koptan hingga proses pertanian itu menghasilkan hasil memuaskan seperti yang di harapkan,” katanya.

Sebab, kata Butong, Dinas Ketapang memiliki tugas penting dalam memastikan jalannya program peningkatan ketahanan dan kemandirian pangan. “Seyogiyanya, Pemkot Medan melalui OPD terkait harus bisa membantu Koptan menjual hasil pertaniannya dengan harga baik,” ujarnya.

Apalagi, sebut Butong, Koptan tersebut merupakan binaan Dinas Ketapang. “Jadi, pembinaan dapat di lakukan secara menyeluruh. Bukan hanya pelatihan dan pemberian bantuan alat kerja, tetapi juga pendampingan hingga proses pemasaran, agar produk pertanian bisa betul-betul memberikan manfaat secara ekonomi kepada masyarakat,” terangnya.

Di sisi lain, Butong, meminta sekaligus mengharapkan OPD di Pemkot Medan untuk saling berkoordinasi dalam memberikan bantuan kepada masyarakat. “Yang kita tahu, OPD-OPD lain ada juga memberikan bantuan kepada masyarakat. Jangan nanti program bantuan seperti ini menjadi tumpang tindih. Intinya, harus berkolaborasi mewujudkan program-program Wali Kota Medan,” pungkasnya. (sat)

Share DataMedan

Leave a Reply