Uncategorized

Haris Kelana : OPD Pemkot Medan Harus Komit Jalankan Instruksi Wali Kota

Medan, Legislator ajak OPD Pemkot Medan komit jalankan instruksi Wali Kota Medan berkolaborasi memaksimalkan pengawasan bangunan bermasalah atau tanpa SIMB, sehingga PAD dari sektor itu bisa tercapai maksimal.

Legislator ajak OPD Pemkot Medan komit jalankan instruksi Wali Kota itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Kota Medan, Haris Kelana Damanik, menjawab wartawan di Medan, Rabu (12/4/2023) menyikapi banyaknya bangunan menyalahi izin di Kota Medan.

Haris mengaku, pihaknya mendukung penuh instruksi Wali Kota Medan kepada jajarannya untuk berkolaborasi mengawasi bangunan bermasalah. “Bagi pimpinan OPD yang lalai dan lambat melaksanakan arahan, patut dievaluasi,” kata Haris.

Haris tidak menampik, masih banyak bangunan berdiri di Kota Medan tidak sesuai dengan IMB. Baik yang berdiri menyalahi IMB yang diterbitkan, ataupun tanpa memiliki IMB sama sekali.

Dia mengatakan, pihaknya (Komisi IV) banyak menerima pengaduan soal pelanggaran SIMB. “Dari pengaduan itu, kita menggelar RDP dengan memanggil pihak-pihak. Kita sangat menyayangkan pimpinan OPD selalu tidak kooperatif atas pemanggilan kita,” ujar Haris.

Padahal, sebut Wakil Ketua Fraksi Gerindra itu, tujuannya adalah untuk mengetahui titik permasalahan. Tentu permasalahan dapat dibahas untuk mensinkronkan satu sikap sesuai visi misi Wali Kota Medan memaksimalkan PAD demi percepatan pembangunan di Kota Medan.

Menurut Haris, maraknya pendirian bangunan tanpa SIMB sudah pasti terjadinya kebocoran PAD. Selain itu, akibat penyimpangan pendirian bangunan di pastikan dapat merusak estetika kota.

Ke depan, Haris, berharap kolaborasi antar OPD dan aparat tingkat bawah, seperti Kepling, aparat Kelurahan dan Kecamatan dapat lebih di tingkatkan, sehingga pengawasan bangunan. “Ini penting, agar tidak ada lagi bangunan menyalah di Kota Medan dan PAD bisa meningkat,” katanya.

Share DataMedan

Leave a Reply