Peristiwa

Ketua Komisi I Desak Polrestabes Medan Segera Tangkap Pelaku Begal Pengurus PWI Sumut

Medan, Legislator desak Polrestabes Medan segera tangkap pelaku begal terhadap korban Pengurus PWI Sumut.Legislator desak Polrestabes Medan segera tangkap pelaku begal terhadap korban Pengurus PWI Sumut itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Robi Barus, menjawab wartawan di Medan, Kamis (13/4/2023) menyikapi terjadinya aksi begal menimpa Pengurus PWI Sumut.

Robi menyayangkan terjadinya peristiwa pembegalan di Kota Medan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. Bahkan, Wakil Ketua PWI Sumut turut menjadi korban dari tindakan kejahatan itu.

“Lagi-lagi, kita sangat menyayangkan masih terjadinya aksi kejahatan di Kota Medan. Kita tahu, baru-baru ini salah seorang warga yang belakangan di ketahui sebagai Wakil Ketua PWI Sumut turut menjadi korban,” katanya.

Ketua Fraksi PDI Perjuangan itu menjelaskan, para pelaku kejahatan saat ini kerap bertindak nekat demi melancarkan aksinya. Bahkan, pelaku tidak segan-segan mengancam dan melukai korbannya.

“Ini penting untuk di perhatikan. Kerugian yang dialami para korban begal ini bukan hanya kerugian materil, tetapi juga inmateril. Khususnya ke arah psikis, karena ini akan menyebabkan rasa trauma kepada korban. Kemudian, hal ini juga akan meningkatkan kekhawatiran masyarakat untuk beraktifitas. Polisi harus hadir untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat,” ujarnya.

Oleh sebab itu, Robi, meminta Polrestabes Kota Medan selaku counterpart Komisi I untuk segera bergerak cepat dalam memproses laporan yang telah dibuat korban di Polsek Patumbak.

“Tolong agar hal ini menjadi atensi bagi Polrestabes Medan dan jajarannya. Sebagai wakil rakyat, kami benar-benar meminta aparat kepolisian untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat. Segera tangkap pelaku, pastikan pelaku mendapatkan efek jera yang juga bisa menjadi pelajaran bagi para pelaku begal lainnya,” pungkasnya.

Di ketahui, Wakil Ketua Bidang Pendidikan PWI Sumut, Sugiatmo, menjadi korban begal empat pria tidak dikenal, Rabu (12/4/2023) di kawasan Fly Over Jalan SM Raja Medan sekira pukul 03.00 WIB dinihari. Para penjahat jalanan itu mengancam korban menggunakan senjata tajam jenis arit.

Peristiwa itu terjadi saat korban dari Pasar Induk Lau Cih hendak pulang ke rumahnya di Bandar Setia Tembung. Setibanya di kawasan fly over Jalan SM Raja menuju Terminal Amplas, Sugiatmo, dipepet dua pengendara sepeda motor dari arah belakang.

Salah satu penjahat yang duduk di boncengan mengacungkan arit dan memaksa korban berhenti. Setelah berhenti, pelaku yang berada di motor lainnya mengambil paksa sepeda motor korban jenis Honda Vario BK 5839 AIV.

Korban berusaha mempertahankan motor dengan mempertahankan kunci kontak sehingga terjadi saling tarik. Namun, bagian gantungan kunci kontak motor terlepas dan kunci berhasil dikuasai pelaku.

Selain itu, pelaku yang memegang arit mengancam korban dengan menghunuskan arit ke arah korban. Perlawanan tidak seimbang, akhirnya korban lari dari ancaman para pelaku sambil berteriak minta tolong. Alhasil, kawanan begal yang masih berperawakan belia itu akhirnya berhasil menguasai sepeda motor korban dengan tancap gas ke arah terminal Amplas.

Tak lama berselang, lewat rombongan patroli Shabara Poldasu mengendarai motor. Kemudian, korban diarahkan untuk melapor ke Polsek Patumbak. Peristiwa ini pun sudah dilaporkan ke Polsek Patumbak dengan Surat Tanda Penerimaan Laporan Nomor: LP/B/281/IV/2023.

Share DataMedan

Leave a Reply