Peristiwa

Mahasiswa Prodi PAI UNPAB Laksanakan Program MBKM: Asistensi Mengajar di MAS Amaliyah Sunggal

Medan,-Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) Universitas Pembangunan Panca Budi (UNPAB) melaksanakan salah satu program MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka), yaitu asistensi mengajar di MAS Amaliyah Kec. Sunggal, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (10/08/2023).

MBKM sebagai kegiatan yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilaksanakan di Universitas Pembangunan Panca Budi sejak 2021 hingga sekarang. Kegiatan yang diperuntukkan bagi mahasiswa semester 5 dan 6 ini terdiri dari 8 skema bentuk kegiatan luar kampus yang berbeda seperti asistensi mengajar, Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT), riset, bisnis/kewirausahaan, proyek independen, proyek kemanusiaan, perrtukaran pelajar dan program magang.

Asistensi mengajar mahasiswa prodi PAI UNPAB dilaksanakan di MAS Amaliyah Sunggal selama 4 bulan sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan dan disepakati bersama. Dengan adanya kegiatan dan kerjasama ini diharapkan bias menjadi peluang yang bermanfaat bagi mahasiswa dalam mengajarkan dan memperdalam ilmunya dengan cara menjadi guru di satuan pendidikan.

Kepala MAS Amaliyah Sunggal, Bapak Jufri Effendi menyambut baik kehadiran mahasiswa PAI UNPAB. Dalam beberapa pertemuan dan diskusi yang dilakukan antara dosen pembimbing, mahasiswa dan pihak sekolah, mahasiswa PAI UNPAB mendapatkan penilaian yang positif dan dukungan yang penuh dari pihak sekolah.“Sekolah merasa senang dan terbantu dengan peran aktif mahasiswa PAI UNPAB di sekolah ini.” ucapnya.

Fitri Amaliyah Batubara, S.Pd.I., M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan asistensi mengajar di sekolah ini memaparkan beberapa manfaat dilaksanakannya kegiatan ini.

“Asistensi mengajar menjadi salah satu kesempatan baik bagi siswa dalam berbagi atau mengajarkan ilmu yang ia miliki kepada siswa. Menjadi kesempatan untuk mengasah kemampuan menjadi guru PAI yang baik dan professional. Jika di perkuliahan mahasiswa mendapatkan mata kuliah Media Pembelajaran, maka saat melakukan asistensi mengajar, mahasiswa diharapkan mampu menerapkan ilmunya dalam menyesuaikan media pembelajaran yang baiknya dipakai dalam pembelajaran PAI di sekolah.”

Sekolah menjadi ruang bagi mahasiswa untuk meningkatkan kemampuan diri dalam beradaptasi dan bekerjasama dengan para guru dan warga sekolah lainnya.

“Bertemu orang-orang baru tentunya menuntut mahasiswa untuk mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan sebaik-baiknya. Selain itu, kemampuan bekerjasama dengan pihak sekolah juga menjadi hal wajib yang harus diusahakan mahasiswa.” Ucap Fitri.

Fitri berharap kegiatan asistensi mengajar ini memberikan dampak yang positif tidak hanya terhadap sekolah tapi juga terhadap masyarakat luas dan kemajuan pendidikan di Indonesia.

Asistensi Mengajar di MAS Islamiyah Sunggal

Kegiatan asistensi mengajar juga dilakukan oleh mahasiswa PAI UNPAB lainnya di sekolah MAS Islamiyah Sunggal, Jl.Pinang Baris No.150. Kec. Medan Sunggal dengan periode waktu selama 4 bulan. Fitri Amaliyah Batubara, S.Pd.I., M.Pd. yang juga merupakan Dosen Pembimbing Lapangan mahasiswa PAI UNPAB di sekolah ini menyatakan bahwa sekolah menyambut baik kerjasama ini dan senang atas kehadiran mahasiswa PAI UNPAB di sekolahnya.

Share DataMedan

Leave a Reply