Peristiwa

H.Rajudin Sagala Siap Bantu Masyarakat yang Mendapat Kesulitan dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan

Medan,- Wakil Ketua DPRD Medan Fraksi Partai Keadilan Sejahter (FPKS) H.Rajudin Sagala, S.Pd.I siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang mendapat kesulitan di lapangan dalam mendapatkan pelayanan baik di Rumah Sakit maupun Puskesmas di Kota Medan. Pihaknya menyadari adanya informasi dari masyarakat terait penolakan sejumlah rumah sakit atau ketidakpahaman warga soal mekanisme mendapatkan pelayanan kesehatan gratis.

“Saya kerap mendapatkan informasi dari warga yang kesulitan saat akan berobat karena mendapat penolakan dari rumah sakit hingga masalah mekanisme mempersolah pelayanan kesehatan gratis. Hal ini seharusnya tidak terjadi mengingat Pemko Medan sudah memberlakukan Universal Health Coverage (UHC),” kata H.Rajudin Sagala dalam acara sosialisasi produk hukum daerah ke 11 Tahun Anggaran 2023, Peraturan Daerah (Perda Nomor 4 Tahun 2012 tentang Sistem Kesehatan Kota Medan (SKKM) yang dilaksanakan disejumlah lokasi diantaranya, Jalan, Sekata Gg. Madrasah rumah pak Parmohonan, Kel. Sei Agul, Jalan. Sekip Gg. Penghulu No. 1 Kel. Sei Putih Timur 1 Kec. Medan Petisah, Jalan. Restu Simpang 5, Kel. Helvetia Timur
Kec. Medan Helvetia, Jalan. Klambir 5 Gg. Rahmad dekat Musholla Al-Jamilah Kel. Tanjung Gusta, Kec. Medan Helvetia dan Jl. Banten Baru Masjid Al-Muklisin Kel. Tanjung Gusta Kec. Medan Helvetia, Sabtu-Ahad (04-05/11/2023).

Politisi Dapil I Kota Medan ini mengajak masyarakat untuk pro aktif dalam permasalahan ini, sehingga pelayanan kesehatan terhadap masyarakat bisa benar-benar dirasakan. “Dalam proses pengawasan, baik Pemko dan DPRD memiliki keterbatasan, peran aktif masyarakat sangat diperlukan dalam menyampaikan informasi-informasi terkait proses pelayanan kesehatan di lapangan,” katanya.

Pihaknya meminta Pemerintah Kota Medan memperhatikan Rumah Sakit untuk memberikan pelayanan terbaik kepada msyarakat Kota Medan yang menggunakan fasilitas Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB).

“Kepada Pemko Medan dalam hal ini Dinas Kesehatan, diharapkan lebih proaktif dalam memberikan pengawasan terhadap rumah sakit, klinik dan puskesmas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

Begitu juga ketidakpahaman masyarakat di lapangan juga harus diberikan perhatian, dimana kerap ditemui permasalahan di lapangan disebebkan kurang pahamnya masyarakat dengan mekanisme dalam mendapatkan pelayanan kesehatan,” terangnya.

Rajudin menegaskan, pihaknya siap memberikan bantuan kepada masyarakat yang mengalami kesulitan di lapangan. “Kita (PKS-red) juga sudah sejaklama bergerak dimasyarakat dalam memberikan bantuan/advokasi kepada mereka yang memerlukan termasuk dalam proses pelayanan kesehatan ini,” jelasnya.

Harapannya, kata Politisi Dapil I Kota Medan ini, seluruh program pelayanan kesehatan bisa dirasakan dengan baik oleh masyarakat, sekaligus mengawal masyarakat dari tindakan-tindakan oknum yang bisa merugikan masyarakat. “Dengan segala keterbatasan, kita sangat berharap masyarakat mendapatkan dan menikmati pelayanan kesehatan yang baik dan maksimal,” katanya

 

Share DataMedan

Leave a Reply