Peristiwa

Hasyim Minta Puskesmas Terus Tingkatkan Pelayanan

Medan,-Ketua DPRD Kota Medan, Hasyim, minta Puskesmas terus tingkatkan pelayanan, sehingga program Universal Health Covarage (UHC) Jaminan Kesehatan Medan Berkah (JKMB) benar-benar dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Hasyim minta Puskesmas terus tingkatkan pelayanan itu disampaikannya menjawab wartawan di Medan, Minggu (28/1/2024). “Terutama Nakes (tenaga kesehatan), harus ramah dan humanis melayani pasien,” pinta Hasyim.

Saat warga datang ke Puskesmas, kata Hasyim, hendaknya pihak Puskesmas memberikan pelayanan yang bagus. “Tidak ada lagi petugas yang cuek, apalagi wajah seram melayani pasien. Juga tidak ada lagi yang asyik main handphone dan tidak respon dengan pasien,” kata Hasyim.

Sama halnya saat memberikan rujukan ke rumah sakit, kata Hasyim, pihak Puskesmas tidak mempersulit birokrasi dengan berbagai dalih. “Berikan yang terbaik demi kesehatan warga,” pintanya.

Lahirnya program UHC JKBM ini, sebut Hasyim, merupakan kolaborasi antara DPRD dengan Pemkot Medan dalam menanggulangi kesehatan warga Kota Medam, sehingga program tersebut diluncurkan Wali Kota Medan, Bobby Nasution, pada 1 Desember 2022.

“Sejak saat itu persoalan kesehatan seluruh warga Kota Medan sudah tuntas. Sebab, warga Kota Medan sudah bisa mendapatkan pelayanan kesehatan hanya menggunakan KTP atau KK. Artinya, urusan kesehatan warga Kota Medan telah dijamin oleh Pemkot Medan,” katanya.

Sebab, tambah Hasyim, Pemkot Medan telah mengalokasikan anggarannya pada APBD Kota Medan. “Pada tahun anggaran 2022 dialokasikan sekitar Rp247 miliar, tahun 2023 sebesar Rp247 miliar dan tahun 2024 kembali dialokasikan sebesar Rp270 miliar. Semua ini untuk membayar kesehatan warga Kota Medan ke BPJS Kesehatan,” katanya.

Keseriusan DPRD bersama Pemkot Medan dalam menanggulangi kesehatan warga Kota Medan, lanjut Hasyim, hendaknya dibarengi dengan peningkatan pelayanan secara prima dari pemberi pelayanan kesehatan. “Semua ini menjadi bukti wujud kepedulian Pemkot terhadap warga Kota Medan melalui kolaborasi bersama DPRD,” katanya.

Share DataMedan

Leave a Reply