Peristiwa

DPRD Dorong Pemkot Medan Sempurnakan Aplikasi Mercy

Medan, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dorong Pemerintah Kota (Pemkot) Medan sempurnakan aplikasi Medan Smart City (Mercy). Hal ini sebagai langkah untuk menguatkan Kota Medan sebagai Smart City.

DPRD dorong Pemkot Medan sempurnakan aplikasi Mercy itu disampaikan Ketua Komisi I DPRD Kota Medan, Robi Barus, menjawab wartawan di Medan, Senin (19/2/2024).

DPRD, kata Robi, mendukung adanya aplikasi Mercy. “Aplikasi Mercy itu bagus. Tujuannya kan agar Pemkot Medan melalui Diskominfo bisa melakukan penyempurnaan integrasi seluruh informasi mulai tahun 2024,” katanya.

Robi mengapresiasi Pemkot Medan yang terus berbenah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. “Kita apresiasi terobosan-terobosan seperti ini. Hal seperti ini sangat baik dan sangat bermanfaat untuk masyarakat,” katanya.

Ketua Fraksi PDIP itu berharap, aplikasi Mercy dapat sebagai fasilitas untuk memadukan berbagai layanan aplikasi yang telah di siapkan Pemkot Medan melalui OPD-OPD lainnya.

“Jadi, masyarakat juga bisa melihat bagaimana kinerja setiap OPD di lingkungan Pemkot Medan dalam melayani masyarakat. Intinya, kita mau aplikasi ini Mercy ini sebagai sarana untuk masyarakat Kota Medan mendapatkan pelayanan dari setiap OPD di Pemkot Medan,” ujarnya.

Robi meminta, Diskominfo Kota Medan untuk menyempurnakan Aplikasi Mercy sebelum nantinya di launching tepat pada Hari Ulang Tahun Kota Medan di tanggal 1 Juli 2024.

“Rata-rata aplikasi milik Pemko Medan belum bisa dipergunakan secara maksimal atau masih membutuhkan penyempurnaan saat sudah di launching. Untuk aplikasi Mercy ini, kita harapkan dapat di sempurnakan dari sekarang. Jadi ketika nanti sudah diluncurkan, aplikasi tersebut dapat di pergunakan secara maksimal oleh warga Kota Medan,” pungkasnya.

Sebelumnya dikabarkan, Dinas Kominfo Medan akan melakukan penguatan terhadap aplikasi Mercy dan penyempurnaan integrasi seluruh informasi di tahun 2024. Hal ini guna mewujudkan Kota Medan sebagai Smart City.

“Penguatan aplikasi Mercy ini kita lakukan sesuai arahan bapak Wali Kota Medan Bobby Nasution, sehingga masyarakat tidak perlu lagi mendownload semua aplikasi yang ada pada tiap perangkat daerah. Cukup melalui aplikasi Mercy, masyarakat sudah dapat mengaksesnya,” kata Kadis Kominfo Medan, Arrahman Pane kepada wartawan, Jumat (16/2/2024).

Meskipun belum dilaunching, kata Arrahman, aplikasi Mercy sudah ada di play store, di mana di dalamnya terdapat aplikasi Siduta, Sibisa dan Sipandu serta layanan pengaduan.

Aplikasi Mercy yang akan dilaunching pada ulang tahun Kota Medan, sebut Arrahman, juga terkoneksi dengan Polda Sumut. “Apabila masyarakat mengalami gangguan keamanan, dapat langsung mengklik dan melaporkan gangguan tersebut yang nantinya akan direspon langsung oleh Polda Sumut. Ini sudah kita uji coba,” kata Arrahman.

Selain akan melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi Mercy, sambung Arrahman, pihaknya juga sedang melakukan penyempurnaan terhadap aplikasi Kedan yang merupakan aplikasi market place Kota Medan.

Share DataMedan

Leave a Reply