Event

Tim Dosen UMN Alwashliyah Sampaikan Pentingnya “12 Adab Baru Abad 21” Bagi Guru

Sibiru-biru,- Peran guru bagi siswanya di era milenial diharuskan memiliki kemampuan yang lebih. Perubahan yang cepat akibat pengaruh teknologi informasi dewasa ini menjadi tantangan tersendiri bagi para tenaga pendidik dalam menghasilkan siswa yang unggul dan berpresasi.

Meliha fenomena ini, tim dosen Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan melakukan pengabdian di Sekolah Dasar Negeri 101812 Namotualang kecamatan Sibiru-biru. Selain Pengabdian yang kepada masyarakat merupakan Tridarma bagi Dosen setiap tahunya, pengabdian ini juga dilakukan dalam rangka berbagi informasi tentang tips-tips bagi guru dalam menghadapi perkembangan dewasa ini.

Pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan oleh 6 tim dosen dari jurusan Pendidikan Fisika, Pendidikan Sekolah Dasar, Pendidikan Matematika, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan juga Akutansi. Dimana mereka memberikan sosialisasi kepada guru-guru di Sekolah Dasar Negeri 101812 Namotualang.

“Sosialisasi yang saya berikan kepada guru-guru di Sekolah Dasar Negeri 101812 Namotualang tentang “12 Adab Baru Abad 21”. Tujuan dari sosialisai ini adalah memberikan informasi dan juga saling tukar pendapat dan pengalaman mengenai guru kekinian yang mempesona,” kata Lisa Septia Dewi Br.Ginting, M.Pd Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muslim Nusantara Al-Washliyah Medan dalam pertemuan yang dihadiri Kepala Sekolah Dasar Negeri 101812 Namotualang Ngatiman, S.Pd. dan duapuluhan guru.

Dikatakannya, Ali Bin Ali Thalib berkata “Didiklah anak kita sesuai zamannya”. “Kata-kata inilah yang menyakinkan saya untuk memberikan sosialisasi ini kepada guru-guru di Sekolah Dasar Negeri 101812 Namotualang,” katanya.

Diterangkannya, sebagai agen penggerak perubahan kemajuan zaman dan kecanggihan teknologi bukanlah hal yang kita hindari sebagai tenaga pendidik namun harus kita ikuti dan imbangi. “Bila cara mendidik peserta didik kita saat ini sama seperti yang kemarin, sesungguhnya kita sedang merampas masa depan mereka,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, Lisa Septia Dewi menyampaikan 12 adab baru abad 21 yang harus guru miliki adalah keterampilan literasi yang meliputi (informasi, media dan teknologi), keterampilan kecakapan hidup (fleksibilitas, kepemimpinan, inisiatif, produktivitas, cakap sosial) dan keterampilan belajar yang meliputi (berpikir kritis, kreatif, kolaboratif dan komunikatif).

“Sebagai guru yang digugu dan ditiru mengajar tugas kita dan belajar setiap harinya adalah kebutuhan kita sebagai pendidik,” pungkasnya.

Share DataMedan

Leave a Reply