Penyelundupan Puluhan Ton Beras Ketan Thailand Berhasil Digagalkan di Perairan Aceh Tamiang

DataMedan,- 25 Ton beras ketan asal Thailand yang hendak diselundupkan ke Indonesia diamankan petugas TNI AL Tim WFQR I Koarmabar di perairan Air Masin, Aceh Tamiang, NAD, Selasa (30/1/2017) malam.

Aparat TNI AL kemudian mengamankan kapal kayu KM AKARASA bersama tiga awak kapalnya. Penangkapan penyelundupan barang selundupan berdasarkan informasi yang diterima intelejen TNI AL. Berdasarkan info itu, Tim WFQR I dengan menggunakan kapal patroli Kal Siba menuju ke sasaran lokasi yang dituju.

Petugas TNI AL melakunya penyisiran di sekitaran lokasi, alhasil, petugas menemukan titik terang keberadaan kapal yang dicurigai. Kapal kayu itu langsung dilakukan pengejaran.

Kapal penyelundup itu langsung ditangkan dan diperiksa terdapat muatan beras ketan ilegal. Dari hasil penangkapan.

Kapal penyelundup bersama awak kapal digiring ke Dermaga Mako Lantamal I di Belawan. Seluruh barang selundupan yang diamankan, diperiksa dengan menggunakan anjing pelacak guna mengantisipasi adanya narkoba.

Kadispen Lantamal I, Mayor Marini Jayusman mengatakan, barang bukti dan awak kapalnya sudah kita amankan di Belawan. ‚ÄéHasil keterangan para awak kapal, barang selundupan itu dibawa dari Saton, Thailand menuju ke Aceh Tamiang, NAD.

“Kini kasusnya telah kita sidik untuk segera dilimpahkan ke Bea Cukai, agar segera di sidangkan di pengadilan,” terang Jayusman.

Share DataMedan

Leave a Reply