Ekonomi

Tatap Muka Dengan Pedagang, Soekirman : Pasar Harus Menjadi Ramai, Aman, Bersih serta Indah

DataMedan, – Sebagai ungkapan rasa syukur karena akan menempati kios dan loss baru, ratusan masyarakat yang tergabung dalam pedagang pasar baru Perbaungan menggelar acara Syukuran sekaligus Tatap Muka dengan Bupati Sergai di pasar baru Kelurahan Batang Terap Kecamatan Perbaungan, Rabu (08/08/2018).

Disela-sela syukuran tersebut, Bupati Sergai Ir. H. Soekirman menyampaikan bahwa pusat pasar harus ramai supaya laris dan untuk menciptakan keramian harus aman. Oleh karenanya agar diupayakan  pasar baru Perbaungan ini bisa menjadi ramai, aman  dan bersih serta indah.

Kemudian disampaikan Bupati bahwa untuk mengantisipasi bisnisonline yang tidak perlu tempat seperti kios di pasar, maka dibutuhkan inovasi dan perubahan.

Jika  tidak ada perubahan lama kelamaan tidak akan didatangi konsumen. Olehkarenanya pedagang harus memiliki rasa kekeluargaan yang kuat supaya bisa bermusyawarah memajukan dan meramaikan pasarnya sehingga menjadi ramai, bersih, indah.

“  Semoga setelah ditata dengan baik pasar, drainase dan tamannya dengan baik bisa dijadikan daerah tujuan belanja  yang diminati masyarakat tentunya,” ujar Bupati.

Sebelumnya Kadis Perindag Hj. Nina Deliana Hutabarat, S.Sos, M.Si menyampaikan dengan adanya pasar yang mulai dibangun sejak  dari tahun 2015 ini diharapkan dapat menampung 200 pedagang yang belum dapat lokasi jualan yang layak.

Selama ini ada sewa menyewa kios di pasar yang lama dianggap sangat memberatkan pedagang. Untuk pasar yang baru hanya dikenakan biaya retribusi 3000 per kios, loss 2000 per hari. Pedagang mengucapkan syukur atas hak pakai yang diberikan kepada mereka dari Pemkab Sergai.

“Di informasikan bahwa hak pakai jika tidak digunakan lagi sebagai pedagang maka hak tersebut akan gugur”, ucapnya.(ind)

Share DataMedan

Leave a Reply